Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Bakorma: Sinkronisasi Program Tingkatkan Prestasi Mahasiswa

Rabu 14 Apr 2021 06:14 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Jejaring politeknik se-Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Kemahasiswaan (Bakorma) pada akhir pekan lalu.

Jejaring politeknik se-Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Kemahasiswaan (Bakorma) pada akhir pekan lalu.

Foto: Istimewa
Rakor Bakorma 2020-2022 dihadiri perwakilan dari 38 politeknik di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jejaring politeknik se-Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Kemahasiswaan (Bakorma), Demi Peningkatan Prestasi Mahasiswa, akhir pekan lalu. Rapat itu diharapkan memicu mahasiswa politeknik Se- Indonesia mampu menerapkan pengetahuan dan keahliannya untuk karya unggul dan bermanfaat bagi lingkungan.

Hal ini sejalan dengan Visi politeknik-politeknik di Indonesia yang memimpikan, karakter mahasiswa Politeknik sebagai insan yang beretika serta cerdas dalam berkreasi dan berinovasi. Cita-cita ini menurut Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Dr.Sc. Zainal Nur Arifin, Dipl.Ing-HTL, M.T, menjadikan Bakorma Politeknik se-Indonesia, memiliki peran sentral dalam pengembangannya. Rapat ini diselenggarakan pada 8-10 April lalu di Jakarta.

“Diharapkan akan tercipta sinergi program-program kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi sesuai bidangnya masing-masing, yang pada akhirnya akan terbentuk Politeknik kuat untuk menguatkan Indonesia. Jika Politeknik maju, Insya Allah Indonesia Jaya,” kata Zainal Nur Arifin dalam rilisnya, Selasa (13/4).

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PNJ sekaligus Ketua Bakorma periode 2020-2022, Iwa Sudradjat, S.T., M.T., dalam sambutannya mengatakan, rapat kali ini bertemakan “Sinkronisasi program Bakorma dengan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi dalam rangka peningkatan prestasi mahasiswa Politeknik nasional tahun 2021”.

Ia mengatakan rakor ini dihadiri 38 Politeknik. Terdiri 35 Politeknik Negeri di bawah naungan Kemendikbud, dua Politeknik di bawah Kementerian Perindustrian, dan satu Politeknik di bawah Kementerian ESDM. Dalam kesempatan ini hadir pula Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP), Dr. Beny Bandanadjaja, ST., MT.

Dalam paparannya Beny menyampaikan, kegiatan kemahasiswaan melalui Direktorat PTVP untuk tahun 2021 terdapat lima program yang distribusinya melalui kompetisi. “Seluruh mahasiswa vokasi negeri harus berani bersaing untuk mendapatkan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi, Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV), Fasilitasi Magang Mahasiswa Vokasi, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), atau Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Total alokasi kegiatan sebanyak 1.500 mahasiswa,” kata Beny.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA