Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Angela Merkel Lirik Peluang Investasi di Indonesia

Rabu 14 Apr 2021 06:26 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya

Kanselir Jerman Angela Merkel (CDU) berbicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam sebuah kesempatan bersama beberapa waktu lalu.

Kanselir Jerman Angela Merkel (CDU) berbicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam sebuah kesempatan bersama beberapa waktu lalu.

Foto: EPA / KAY NIETFELD
Jokowi menawarkan kerja sama pengembangan SDM melalui sekolah vokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanselir Jerman Angela Merkel melirik peluang investasi di Indonesia. Hal ini disampaikannya dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehari setelah pembukaan pameran Hannover Messe 2021.

Merkel bahkan melihat potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk menjadi mitra penting Jerman. Menanggapi pernyataan Merkel ini, Presiden Jokowi menekankan pentingnya peran investasi dalam pemulihan ekonomi, khususnya usai pandemi ini. Salah satu langkah pemerintah dalam menyambut investasi, ujar presiden, adalah pengesahan UU Cipta Kerja. 

"Yang akan dapat mendukung kerjasama di bidang investasi," kata Jokowi, Selasa (13/4). 

Baca Juga

Presiden juga menawarkan kerja sama pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah vokasi dan peningkatan investasi industri Jerman untuk membangun basis produksi dan rantai pasok global Jerman di kawasan.

"Saya menawarkan kepada Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang," kata Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, Kanselir Merkel juga menyambut peran Indonesia yang semakin bersinar di kancah global. Apalagi tahun depan Indonesia akan menjadi Ketua G-20, sementara Jerman menjadi Ketua G-7. 

"Diharapkan dapat dilakukan sinergi prioritas kerja dengan baik antara kedua negara," ujar Merkel dikutip dari siaran pers istana. 

Jerman adalah salah satu mitra terpenting Indonesia di Eropa. Indonesia telah memiliki kemitraan komprehensif sejak tahun 2012. Jerman merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di Eropa, mitra investasi terbesar ke-4 di Eropa dan wisatawan Jerman merupakan ke-3 terbesar dari Eropa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA