Selasa 13 Apr 2021 23:03 WIB

Adab Bertamu yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam memberikan teladan kepada kita etika bertamu.

Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian dari kita mungkin bertamu hal yang sepele. Tak jarang, tata cara bertamu ataupun adabnya jarang diperhatikan.

Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam memberikan teladan kepada kita etika bertamu. Sebagaimana diriwayatkan dalam sejumlah hadis Bukhari dan Muslim, ada tiga adab bertamu yang dicontohkan Rasulullah:

Baca Juga

Pertama, kembali pulang ketika mengucapkan salam sembari mengetuk pintu tiga kali tidak dijawab atau dibukakan pemilik rumah.

Dalam satu kesempatan, Abu Musa hendak bertamu ke rumah Khalifah Umar bin Khattab. Ia telah mengetuk pintu selama tiga kali, namun tidak juga dibukakan pintu. Karena, patuhnya Abu Musa terhadap perintah Rasulullah, ia meninggalkan kediaman Umar.

 

Umar kemudian meminta penjelasan Abu Munsa soal tindakannya itu. Abu Musa lantas menjelaskan sabda Rasulullah "Jika seseorang meminta izin (mengetuk pintu tiga kali), namun tak ada jawaban, hendaklah ia kembali (pulang)." (HR Bukhari dan Muslim).

Umar tercengang karena merasa belum pernah mendengar secara langsung sabda Rasulullah tersebut. Namun, Umar kemudian mendapatkan kesaksian Ubay bin Kaab soal sabda tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement