Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Raiola Tak Sepakat dengan Sikap Dortmund Soal Haaland

Rabu 14 Apr 2021 00:02 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Erling Haaland dari Dortmund beraksi selama perempat final Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg pertama antara Manchester City dan Borussia Dortmund di Manchester, Inggris, 06 April 2021.

Erling Haaland dari Dortmund beraksi selama perempat final Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg pertama antara Manchester City dan Borussia Dortmund di Manchester, Inggris, 06 April 2021.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Haaland mampu melanjutkan performa impresifnya pada musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Agen Erling Haaland, Mino Raiola, mengungkapkan, Borussia Dortmund tidak memiliki niat untuk melepas kliennya itu hijrah ke klub lain pada bursa transfer musim panas mendatang.

Salah satu agen pesepakbola terkemuka di Eropa itu pun mengaku tidak sependapat dengan sikap Dortmund tersebut. Striker asal Norwegia itu digadang-gadang bakal menjadi salah satu primadona pada jendela transfer musim panas mendatang.

Haaland mampu melanjutkan performa impresifnya pada musim ini. Setelah 16 gol dari 18 penampilan di semua ajang pada paruh kedua musim lalu, striker berusia 20 tahun itu telah mengemas 33 gol dari 31 penampilan di semua ajang pada musim ini.

Selama satu setengah musim memperkuat Dortmund, Haaland berhasil mengemas 49 gol dan 13 assist dari 52 laga di semua ajang. Catatan penampilan ini sudah cukup membuat Haaland masuk dalam radar sejumlah klub-klub besar Eropa.

Dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, disebut-sebut berminat merekrut Haaland. Pun dengan ketertarikan sejumlah klub asal Liga Primer Inggris, seperti Chelsea, Manchester City, dan Manchester United.

Bahkan, pada akhir bulan lalu, Raiola dan ayah dari Haaland, Alf Inge Haaland, sempat dikabarkan telah melakukan pertemuan dengan Real Madrid dan Barcelona terkait kemungkinan merekrut eks striker RB Salzburg tersebut.

Namun, keinginan klub-klub tersebut untuk bisa merekrut Haaland sepertinya bakal mendapatkan halangan dari Dortmund. Die Borussen, selaku klub pemilik Haaland, enggan melepas Haaland pada bursa transfer musim panas mendatang.

Sikap manajemen Dortmund itu pun diamini oleh Raiola. Agen pesepakbola berpaspor Belanda itu menegaskan, tidak sepakat dengan sikap Dortmund tersebut. Kendati begitu, Raiola menegaskan, tidak berada dalam posisi berseberangan dengan manajemen Dortmund.

''Saya bisa pastikan, Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, telah menegaskan, mereka tidak ingin melepas Haaland. Saya hormati keputusan tersebut, tapi bukan berati saya setuju. Namun, tidak ada peperangan apapun antara saya dengan Dortmund,'' tutur Raiola kepada Sport1 seperti dilansir Sky Sports, Selasa (13/4).

Sebelumnya, Zorc memang sempat mengungkapkan sikap Dortmund terkait beredarnya sejumlah rumor ketertarikan klub-klub besar Eropa terhadap Haaland. Menurut Zorc, hingga kini, Dortmund berpegang kepada ketentuan kontrak Haaland bersama Dortmund.

Bahkan, Zorc menegaskan, Haaland merupakan salah satu pemain yang diproyeksikan menjadi salah satu penggawa andalan Dortmund pada musim depan.

''Saya ingin menegaskan, kami akan menggunakan apa yang tertera di kontrak Haaland sebagai dasar sikap kami. Selain itu, kami juga berpegang pada hasil pertemuan kami dengan Haaland pada beberapa waktu lalu. Kami memiliki rencana yang jelas soal bagaimana melakoni musim depan dengan kehadiran Haaland,'' tutur Zorc.

Kontrak Haaland bersama Dortmund baru akan berakhir pada 2024 mendatang. Namun, berdasarkan laporan sejumlah media asal Jerman, Haaland bisa ditebus dengan nilai pelepasan sebesar 75 juta euro. Kendati begitu, klausa pelepasan itu baru bisa diaktifkan pada musim panas 2022 mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA