Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Pengamat: Moeldoko Layak Direshuffle

Selasa 13 Apr 2021 21:04 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan

Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti

Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti

Foto: Republika/Febryan.A
Pengamat menilai menteri-menteri yang berpotensi bertarung di 2024 lebih baik mundur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik Lingkar Madani, Ray Rangkuti menilai ada sejumlah nama menteri yang layak direshuffle. Menurutnya Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko jadi salah satu menteri yang layak direshuffle. 

"Kalau dengan etik saya kira Pak Moeldoko layak untuk dipertimbangkan apakah beliau masih tetap mau bergabung sebagai kepala KSP, atau sebaliknya mulai memikirkan aktifitasnya politiknya lebih luas dari sekedar ketua KSP di kabinetnya Pak Jokowi," kata Ray dalam diskusi daring, Selasa (13/4).

Baca Juga

Selain Moeldoko, Ray melihat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga dinilai layak direshuffle. Secara pertimbangan politik, tokoh-tokoh yang berpotensi bertarung di 2024 lebih baik mengundurkan diri.

"Di luar alasannnya secara politik, saya kira juga pertama ya ribut soal omnibus law, ribut soal impor beras, enggak bisa dilepaskan dari nama beliau," ujarnya.

Tidak hanya itu, nama Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad  Lutfi juga dianggap berpeluang untuk direshuffle. Kebijakan impor beras dinilai berimbas pada harga padi dan beras.

"Meskipun kebijakan itu dibatalkan tapi implikasi psikologiknya sudah sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu saya kira pertimbangan Muhammad Lutfi untuk direshuffle sangat rasional," tuturnya. 

Isu reshuffle berembus setelah DPR menyepakati penggabungan tugas  Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu pemerintah juga akan membentuk Kementerian Investasi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA