Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Ekonomi Kreatif Didorong Bangkitkan Pariwisata Bangka Barat

Selasa 13 Apr 2021 19:36 WIB

Red: Gita Amanda

Para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) didorong untuk membangkitkan kepariwisataan sekaligus mendukung pemulihan ekonomi di daerah itu. (ilustrasi)

Para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) didorong untuk membangkitkan kepariwisataan sekaligus mendukung pemulihan ekonomi di daerah itu. (ilustrasi)

Foto: Pemprov Babel
Kreativitas para pemuda diyakini ke depan akan mampu bersaing

REPUBLIKA.CO.ID, MENTOK -- Para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) didorong untuk membangkitkan kepariwisataan sekaligus mendukung pemulihan ekonomi di daerah itu.

"Mulai tahun ini kami akan mencoba melakukan beberapa gerakan agar bisa mendukung tumbuh kembang ekonomi kreatif sehingga ke depan bisa ikut mendukung gerak pembangunan, khususnya sektor pariwisata daerah," kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno di Mentok, Selasa (13/4).

Ia menjelaskan, pelaku ekonomi kreatif sudah mulai bergerak dalam beberapa tahun terakhir, namun belum terfasilitasi dengan baik karena ada beberapa keterbatasan yang dialami pemerintah daerah saat ini. Sebagai langkah awal, kata dia, Pemkab sejak tahun lalu telah melakukan pendataan dan pengelompokan para pelaku usaha ekonomi kreatif agar ke depan bisa dilakukan pembinaan, pendampingan dan fasilitasi.

Baca Juga

"Kami juga akan mengusulkan adanya penambahan bidang ekonomi kreatif di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, agar perencanaan pengembangan semakin terukur dan lebih terarah," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini sektor usaha ekonomi kreatif seperti perfilman, periklanan, industri musik, pameran, festival, desain, arsitektur dan lainnya sudah mulai bergerak dan cukup digemari masyarakat setempat, khususnya generasi muda. Kreativitas para pemuda diyakini ke depan akan mampu bersaing di pasar nasional dan internasional.

"Sampai saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha ekonomi kreatif di Bangka Barat yang terbukti mampu bersaing bahkan unggul di dalam beberapa bidang tersebut," katanya.

Dengan pembinaan yang lebih terarah dan terukur diyakini ke depan ekonomi kreatif akan mampu mendukung gerak pembangunan pariwisata dan secara bertahap membantu memulihkan perekonomian masyarakat dan daerah.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA