Selasa 13 Apr 2021 17:27 WIB

Polri Perketat Keamanan Bandara di Papua

Sebelumnya peristiwa pembakaran sebuah helikopter terjadi di bandara di Ilaga, Papua.

Rep: Ali Mansur/ Red: Ratna Puspita
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono
Foto: ANTARA /Fauzan
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah peristiwa pembakaran sebuah helikopter yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Polri mengetatkan atau melakukan penebalan pengamanan di objek vital di Papua. Pembakaran helikopter itu terjadi di Apron Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Ahad (11/4) lalu.

"Ini sudah dilakukan penebalan, pengamanan masing-masing bandara," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Selasa (13/4). 

Baca Juga

Ia mengatakan, pengetatan keamanan dilakukan sebagai upaya menjaga kegiatan penerbangan dari teror KKB. Dengan pengamanan yang dilakukan oleh Personel TNI dan Polri, Rusdi mengatakan, kegiatan penerbangan di Papua berjalan lancar setelah insiden pembakaran KKB tersebut.

"Sehingga betul-betul aktivitas penerbangan di Papua bisa berjalan dengan baik dan bandara-bandara dapat diamankan oleh petugas keamanan di sana," kata Rusdi.

Sebelumnya, KKB membakar satu unit helikopter di Bandar Udara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Ahad (11/4) malam. Aparat TNI-Polri kini masih memburu kelompok yang melakukan aksi tersebut dan menyatakan akan menindak tegas. Helikopter yang dibakar adalah milik PT Ersa Eastern Aviation. 

"Ini merupakan aksi teror KKB yang kesekian kalinya terhadap dunia penerbangan di Papua, terakhir bulan lalu mereka menyandera pilot yang berkebangsaan Selandia Baru,” kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, dalam siaran persnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement