Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

7 Cara Pemberi Energi Pengganti Kopi dan Cemilan Manis

Selasa 13 Apr 2021 16:02 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Camilan manis dapat menambah energi tapi tak baik dikonsumsi terus menerus.

Camilan manis dapat menambah energi tapi tak baik dikonsumsi terus menerus.

Foto: istimewa
Kopi dan camilan manis dapat mengembalikan energi tapi membuat terjaga pada dini hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi dan camilan manis dapat mengembalikan energi dan membuat Anda bertahan hingga malam hari. Namun, sifatnya haya sementara, dan akan membuat Anda terjaga pada dini hari.

Berikut beberapa cara untuk memiliki lebih banyak energi yang sehat, tidak membuat ketagihan, dan murah, dilansir di The Guardian, Selasa (13/4):

1. Olah raga

Temukan cara untuk bergerak yang akan memberi Anda energi, daripada menggunakan olah raga untuk melelahkan diri Anda sendiri.

"Gunakan olah raga untuk menyehatkan Anda, bukan menghukum Anda," kata Sarah Russell, spesialis olahraga klinis yang menangani penderita kanker.

Untuk menemukan motivasi untuk berolah raga, bahkan ketika Anda merasa lelah atau lesu, Russell mendorong kliennya untuk fokus pada tujuan yang dapat dicapai. Bahkan hanya bergerak selama 10 menit akan memberi Anda energi, seperti dengan melakukan peregangan.

2. Karbohidrat adalah teman Anda

Alasan utama orang berjuang dengan energi rendah adalah karena mereka kurang makan sepanjang hari atau mereka tidak cukup makan karbohidrat. Bertentangan dengan apa yang diajarkan budaya diet kepada kita, karbohidrat bukanlah musuh.

"Karbohidrat memberi kita glukosa, yang merupakan sumber energi pilihan tubuh," kata ahli diet Priya Tew.

Anda ingin menyeimbangkan energi yang berasal dari karbohidrat dengan mengonsumsi protein dan lemak sehat juga, karena ini membantu menstabilkan tingkat energi Anda, memberi Anda energi yang lebih tahan lama sepanjang hari.

3. Periksa kadar zat besi Anda

Kekurangan zat besi, juga dikenal sebagai anemia, dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, kurang energi dan sesak napas. Ini lebih sering terjadi pada wanita, seringkali karena menstruasi yang berat atau kehamilan, dan dapat diobati dengan mengubah pola makan Anda.

Sertakan lebih banyak sayuran berdaun hijau tua, sereal dan kacang-kacangan yang diperkaya zat besi, serta suplemen zat besi, jika perlu. Lalu periksakan kadar zat besi Anda ke dokter jika Anda merasa lelah.

4. Cek kadar vitamin D Anda

Tanda pertama kekurangan vitamin D adalah kelelahan. Jadi, minumlah tablet vitamin D di musim dingin jika Anda merasa mungkin kekurangan.

Pada April 2020, Public Health England merekomendasikan agar warga Inggris mengonsumsi vitamin D dosis harian, sebagai akibat dari berkurangnya paparan sinar matahari kepada publik selama lockdown.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA