5 Resep Menu Sahur Mudah dan Sehat

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 13 Apr 2021 16:05 WIB

5 Resep Menu Sahur Mudah dan Sehat. Pancake ubi dengan saus tahini dan sirup maple bisa jadi menu pilihan untuk sahur karena sehat, cepat dan mudah disiapkan. Foto: Joe Lingeman 5 Resep Menu Sahur Mudah dan Sehat. Pancake ubi dengan saus tahini dan sirup maple bisa jadi menu pilihan untuk sahur karena sehat, cepat dan mudah disiapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahur menjadi salah satu kegiatan penting yang dilakukan selama Ramadhan agar dapat menjalani ibadah puasa dengan baik. 

Noir Zibdeh, ahli diet integratif dan spesialis kesehatan pencernaan, menyarankan untuk memilih menu sahur dengan makanan seimbang yang menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein dan lemak sehat. Ini penting agar Anda yang bersemangat sepanjang hari. 

Dilansir The Kitchn, Zibdeh merekomendasikan untuk meminum satu atau dua cangkir air  di pagi hari sebelum sahur. Kemudian, konsumsi makanan tanpa air agar tidak membuat Anda kenyang saat makan. 

“Pikirkan kemudian dari mana lagi Anda bisa mendapatkan cairan yang tidak hanya air, seperti melalui buah-buahan dan sayuran,” ujar Zibdeh. 

Menurut Zibdeh, menambahkan sayuran seperti timun menjadi cara mudah. Berikut beberapa resep mudah dan bernutrisi yang bisa dibuat untuk sahur, yang bisa menjadi ide menu sahur karena semuanya dapat disiapkan dengan cepat. 

Pancake Ubi Tahini-Maple

Keluarkan satu ubi jalar ukuran sedang yang telah dipanggang dan dinginkan di dalam mangkuk kecil. Tambahkan dua telur dan sedikit garam, tumbuk dan aduk agar tercampur. 

Aduk dua sendok makan sirup maple dan satu sendok makan tahini, sisihkan. Panaskan wajan di atas api sedang, tambahkan 1/4 cangkir adonan, masak selama tiga menit, balik perlahan, kemudian masak tiga menit lagi. Ulangi dengan sisa adonan.

Pancake siap disajikan dengan sepotong apel dan saus tahini-maple. Saus tahini adalah saus kental yang terbuat dari wijen yang digiling.

Baca jugaResep Soto Ayam: Soto Kudus