Selasa 13 Apr 2021 14:09 WIB

MilenialFest dan PPI Belgia Gelar MilenialHub di Ramadhan

Menteri BUMN Erick Thohir akan membahas pemulihan ekonomi nasional.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Fakhruddin
MilenialFest dan PPI Belgia Gelar MilenialHub di Ramadhan. (Ilustrasi) Program Talenta Juara yang diselenggarakan oleh MilenialFest  bertujuan  untuk mendukung peningkatan SDM milenial.
Foto: Dok FRI
MilenialFest dan PPI Belgia Gelar MilenialHub di Ramadhan. (Ilustrasi) Program Talenta Juara yang diselenggarakan oleh MilenialFest bertujuan untuk mendukung peningkatan SDM milenial.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Chief Executive Officer (CEO) MilenialFest, Danial Iskandar menyampaikan, gagasan brilian yang ditelurkan diaspora Indonesia di luar negeri seringkali tidak terdengar hingga ke Tanah Air. Begitu pula sebaliknya, inisiatif-inisiatif kebaikan dari Indonesia terkadang tidak mampu menjangkau batas benua dan samudra. 

Danial mengatakan, padahal pertukaran gagasan sebenarnya mendorong lahirnya inspirasi yang dibutuhkan untuk pembangunan SDM. Berangkat dari hal tersebut, sekelompok anak muda dari MilenialFest dan diaspora Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belgia menyelenggarakan MilenialHub. 

"Sesuai namanya, MilenialHub akan menjadi penghubung (hub) gagasan dari local heroes atau individu gemilang di masing-masing negara dengan global talents atau mereka yang telah memiliki rekam jejak atau pengakuan global," kata Danial melalui pesan tertulis kepada Republika, Selasa (13/4).

Ia menerangkan, MilenialHub dapat diikuti masyarakat luas melalui sambungan daring pada 17 April 2021 mulai pukul 14.00 hingga 17.30 WIB. Peserta terlebih dulu mendaftar secara daring dan pendaftaran tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Topik yang akan dibahas melalui dua sesi talkshow di MilenialHub adalah "Indonesian Global Talent" dan "Local Creative Heroes." Para pembicara di talkshow tentang talenta global Indonesiadi antaranya Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama, Program Manager Google Asia Pacific Andari Gusman, dan Associate Professor di KU Leuven Belgia Tegoeh Tjahjowidodo. 

"Sementara, pada talkshow tentang sosok lokal di industri kreatif adalah Ketua IdEA/VP Bukalapak Bima Laga, CEO Vokraf Fina Silmi Febriyani, CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, dan Country Manager Too Good to Go Belgium Franco Prontera," ujarnya.

Danial menambahkan, akan ada inspiring session dari Menteri BUMN Erick Thohir yang membahas pemulihan ekonomi nasional dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang mengulas perdagangan di era digitalisasi. Acara akan dibuka Ketua PPI Belgia Nadya Immanuella, Chairman MilenialFest Danial Iskandar, dan Duta Besar RI untuk Belgia dan EU H.E. Andri Hadi. 

Ia mengatakan, ide mengenai MilenialHub ini sudah lama diimpikan dan disambut baik oleh rekan-rekan di PPI Belgia. Apalagi di Belgia, Indonesia memiliki talenta-talenta gemilang yang punya track record dan pengalaman menangani isu-isu lokal dan global.  

"Acara ini juga bentuk dukungan dan kontribusi konkret kepada pemerintah dan berbagai stakeholders yang concern dalam pembangunan sumber daya manusia,” ujar Danial. 

Ketua PPI Belgia, Nadya Immanuella mengatakan, MilenialHub memberi kawan-kawan di Belgia rasa nostalgia karena bertemu wajah-wajah Indonesia. Mereka juga akan menyimak wawasan yang akan dibagi oleh sosok-sosok hebat di Tanah Air. 

"Kami juga mengajak segenap keluarga besar diaspora Indonesia di luar negeri lewat PPI Dunia untuk ikut urun-rembuk dalam forum ini nantinya. Harapannya acara ini dapat menjadi pemantik semangat bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya untuk Indonesia baik di level nasional maupun internasional," kata Nadya.

Pelaksanaan MilenialHub seri perdana ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Karena itu, pada permulaan acara akan ada sharing tentang pengalaman Ramadhan di Belgia dari mahasiswa Indonesia di sana, yakni mahasiswa Business Administration di KU Leuven Rania Zhahirah dan mahasiswa master di Faculty of Engineering Technology KU Leuven Basyiruddin Qory Wicaksono. 

MilenialHub adalah program kerjasama antara MilenialFest dengan perkumpulan pelajar Indonesia di luar negeri maupun dengan komunitas berbasis anak muda lainnya. Pada seri pertama, MilenialHub bekerja sama dengan PPI Belgia dan menghadirkan sesi talkshow dan inspiring speech, tempat bertemunya gagasan lokal yang berwawasan global. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement