Menu Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan Ramah Vegan

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 13 Apr 2021 15:04 WIB

Menu Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan Ramah Vegan. Foto ilustrasi: Menu vegan Foto: Flickr Menu Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan Ramah Vegan. Foto ilustrasi: Menu vegan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian Muslim, mendamaikan keyakinan agama mereka dengan gaya hidup vegan bisa jadi sulit, karena makan daging adalah bagian dari budaya Muslim. Dalam Islam, mengkonsumsi daging yang telah dihalalkan agama, merupakan bentuk rasa syukur. Inilah sebabnya mengapa sebagian Muslim percaya bahwa menolak apa yang diizinkan oleh firman Tuhan adalah haram, bertentangan dengan keinginan Tuhan.

Tetapi itu tidak berarti menjadi vegan sebagai seorang Muslim tidak dapat dilakukan, terutama karena semakin banyak orang di seluruh dunia yang beralih ke pola makan fleksibel dan nabati. Bahkan ada laporan yang menunjukkan bahwa jumlah Muslim vegan terus meningkat, sebagian karena orang muda semakin khawatir tentang kesejahteraan hewan dan perubahan iklim. Adapun inspirasi menu ramah vegan yang bisa dipraktekkan selama Ramadhan antara lain,

Baca Juga

Telur Dadar Buncis

Muzammil Ahmad, seorang mahasiswa kedokteran yang telah menerapkan pola makan vegan mengatakan, menu ini telah menjadi alternatif terbaik baginya, karena selain bergizi, makanan berbahan dasar telur ini sangat mengenyangkan dan membantunya untuk tetap semangat selama berpuasa.

“Saat tumbuh dewasa, saya akan bangun di pagi hari sebelum matahari terbit selama Ramadhan dan menantikan telur dadar yang akan saya makan untuk sarapan bersama keluarga saya. Setelah beralih ke pola makan nabati yang utuh dan sepenuhnya menjadi vegan, itu bukanlah suatu pilihan,” jelas Muzammil yang juga bekerja sebagai pelatih nutrisi yang menjalankan blog populer berbasis dr .plant.

Menurut Ahmad, bagian terbaik dari menu ini adalah tidak ada hewan yang perlu mati untuk makanan ini, karena bebas dari bahan hewani.

Yogurt Tahu

Davina Goh, penulis blog makanan Davina Da Vegan mengatakan, bulan Ramadhan adalah momen yang memungkinkan sistem pencernaan untuk beristirahat dari pekerjaan berat. Hidangan yang mudah dicerna, seperti yogurt bebas susu akan menghasilkan energi untuk tetap fit selama berpuasa tanpa perlu membebankan beban berat bagi sistem pencernaan.

“Menu ini sangat mudah dibuat dan enak dinikmati dengan buah dan granola untuk suhur yang penuh energi dan penuh energi untuk membantu menopang Anda hingga berbuka puasa.”