Syarat Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

 Rabu 14 Apr 2021 04:15 WIB

Syarat Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui. Foto: Ilustrasi Ramadhan dan Kedamaian Foto: Republika/Thoudy Badai Syarat Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui. Foto: Ilustrasi Ramadhan dan Kedamaian

Perlu diketahui syarat puasa Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Setiap amal ibadah dalam Islam ada syarat-syaratnya begitu juga dengan ibadah puasa Ramadhan. Bila salah satu syarat ini tidak terpenuhi pada diri seseorang, maka puasa Ramadhan itu menjadi tidak wajib atas dirinya.

"Atau malah sebaliknya, puasa ramadhan hanya akan menjadi mubah, sunnah, atau malah haram," kata Ustadz Ahmad Zarkasih Lc dalam bukunya "Bekal Ramadhan".

Ustadz Ahmad menuturkan, syarat puasa terbagi menjadi dua macam. Pertama adalah syarat wajib puasa, di mana bila syarat-syarat ini terpenuhi, seseorang menjadi wajib hukumnya untuk berpuasa. Kedua adalah syarat sah puasa, di mana seseorang sah puasanya bila memenuhi syarat-syarat itu.

Menurutnya, jumhur ulama sepakat bahwa syarat wajib berpuasa yang pertama kali adalah bahwa orang yang diwajibkan untuk berpuasa itu hanya Islam saja. Mereka yang tidak beragama Islam, tidak diwajibkan untuk berpuasa.

"Hal itu karena khitab perintah puasa itu didahului dengan sebutan  "Wahai orang-orang yang beriman."

Artinya, kata Ustadz Ahmad yang tidak beriman tidak diajak dalam pembicaraan itu (puasa). Sehingga mereka memang tidak wajib mengerjakan puasa dan ketika mengerjakan pun tak ada hisab sebagai amal ibadah yang menyelamatkannya dari ancaman siksa api neraka.

Baca juga : Ini Keutamaan Niat Puasa Ramadhan (Part 2-Selesai)

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X