Durasi Tarawih di Masjid Agung Al-Barkah Diperpendek

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Esthi Maharani

 Selasa 13 Apr 2021 13:29 WIB

Sejumlah umat muslim di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah umat muslim di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat

Program one day one juz pun diperpendek jadi setengah juz

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah telah melonggarkan kegiatan ibadah Ramadhan 2021/1442 Hijriyah. Salah satu penandanya adalah dibolehkannya kegiatan ibadah sholat Tarawih berjamaah di masjid.

Sekertaris DKM Agung Al-Barkah Bekasi Mustain mengatakan, meski diizinkan, nantinya durasi sholat Tarawih akan dipersingkat. Termasuk program khas yang biasanya dilakukan selama Ramadhan yakni one day one juz.

"Sesuai surat edaran Wali Kota, jadi kami DKM sudah rapat untuk penyesuaian salat tarawih maksimal setengah juz tiap malam," ujar dia, Senin (12/4).

Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi memiliki ciri khas program one day one juz sehingga Alquran akan dikhatamkan selama 30 malam tarawih. Dengan dipersingkatnya ibadah, Mustain menegaskan program one day one juz akan tetap ada sebab nantinya imam sholat akan melanjutkan bacaan hingga satu juz.

"Setengah juz berikutnya diselesaikan imam tarawih yang bertugas secara mandiri, karena kita melihat durasinya, kalau satu juz dibacakan saat tarawih akan memakan waktu cukup lama," tutur dia.

Selain memperpendek durasi sholat, Masjid Agung Al Barkah juga meniadakan kultum atau ceramah Ramadhan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X