Selasa 13 Apr 2021 13:19 WIB

Target Produksi Naik, Pengusaha Batu Bara Ajukan Revisi RKAB

Permintaan ekspor batu bara pada tahun ini diprediksi meningkat.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Aktivitas bongkar muat batubara di area pertambangan. ilustrasi
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Aktivitas bongkar muat batubara di area pertambangan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian ESDM meningkatkan target produksi batu bara pada tahun ini dari 550 juta ton menjadi 625 juta ton. Sinyal dari pemerintah ini membuat beberapa perusahaan batu bara berencana mengajukan revisi Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

Direktur Eksekutif Asosiasi Perusahaan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia menjelaskan, kenaikan target produksi ini disambut baik oleh para perusahaan batu bara. Ditengah kondisi perbaikan harga batu bara secara global menjadi peluang untuk meningkatkan kinerja perusahaan batu bara melalui ekspor.

Baca Juga

"Iya, kami mendengar ada beberapa perusahaan yang telah dan akan mengajukan proposal revisi RKAB ke pemerintah. Hal ini didorong kondisi harga yang sedang membaik sehingga pelaku usaha mencoba memaksimalkan produksi," ujar Hendra saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (13/4).

Hendra juga menjelaskan, kenaikan target produksi oleh pemerintah ini disinyalir mengacu pada PMI (Purchasing Manager Index). Dalam PMI menunjukan bahwa negara tujuan ekspor batu bara memang sedang berada di level positif.

"Selain itu, membaiknya perekonomian dari negara-negara tujuan ekspor batu bara Indonesia yang juga didorong dengan berjalan lancarnya proses vaksinasi, maka ada potensi permintaan ekspor pada  2021 akan lebih meningkat dibandingkan 2020," ujar Hendra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement