Pekan Tilawatil Quran Nasional Semarakan Ramadhan 1442 H

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani

 Selasa 13 Apr 2021 13:06 WIB

Alquran Foto: Republika/Agung Supriyanto Alquran

PTQ ini diselenggarakan dalam suasana Ramadhan di Kota Palembang, Sumatera Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) menyepakati kerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) untuk penyelenggaraan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tingkat Nasional ke-51. PTQ ini diselenggarakan dalam suasana Ramadhan di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 1-5 Mei 2021.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi mengatakan PTQ Tingkat Nasional ke-51 Tahun 2021 atau 1442 Hijriyah ini diselenggarakan oleh RRI dan didukung penuh oleh Ditjen Bimas Islam. Kemenag sangat serius dalam kegiatan syiar Islam. PTQ ini merupakan salah satu upaya dalam membangun karakter bangsa.

"Kita bersama-sama memiliki peran yang strategis dalam menunjang syiar Islam dan pembangunan karakter bangsa," kata Juraidi melalui pesan tertulis yang diterima Republika, Selasa (13/4).

Ia mengatakan, PTQ ini digelar pada bulan suci Ramadhan, tingkat nasionalnya akan digelar pada 1-5 Mei 2021 di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Dengan adanya pelaksanaan PTQ ke-51 diharapkan bulan Ramadhan ini semakin semarak.

"Harapannya syiar Ramadhan semakin besar gaungnya, semakin semarak, karena bulan Ramadhan juga bulan Alquran," ujarnya.

Juraidi mengatakan, pelaksanaan PTQ ke-51 juga merupakan salah satu upaya spiritual dalam memerangi pandemi Covid-19. Untuk mengatasi pandemi, sudah dilakukan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Menurutnya, perlu juga didukung upaya spiritual kepada Allah SWT.

Baca juga : Ini Hukum Memilah Masjid untuk Sholat Tarawih Saat Pandemi

"Segala cara kita lakukan untuk menghindarkan dan menyelamatkan bangsa kita agar cepat terhindar dari Covid-19 ini, itu harapan kita," ujarnya.

Ia menambahkan, Ditjen Bimas Islam sangat bersyukur dengan dilaksanakannya PTQ ke-51 ini, meski dilaksanakan ditengah pandemi. Meski demikian, diharapkan kualitas pelaksanaan PTQ ini tidak berkurang.

"Maka Alhamdulillah kita sudah melakukan kerjasama MoU antara Ditjen Bimas Islam dengan pihak RRI, mudah-mudahan pelaksanannya semakin berkualitas karena kita akan menerapkan metode lomba sesuai dengan LPTQ nasional," ujarnya.

PTQ tingkat nasional akan dilaksanakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 1-5 Mei 2021. Peserta PTQ berasal dari 65 Satuan Kerja RRI di seluruh Indonesia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan hadir pada puncak pelaksanaan PTQ sekaligus menutup rangkaian acara.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X