Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Cara Cek Nomor Telepon Bocor dalam Pembobolan Data Facebook

Selasa 13 Apr 2021 12:10 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Peretas (ilustrasi).

Peretas (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Data pribadi 533 juta pengguna Facebook dicuri dan ditempatkan di forum peretasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situs web keamanan daring Have I been pwned telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengetahui dengan cepat apakah nomor telepon mereka bocor dalam pembobolan data Facebook.

Data pribadi 533 juta pengguna Facebook dicuri dan ditempatkan di forum peretasan pada Sabtu (10/4). Data tersebut termasuk nama, alamat email dan nomor telepon mereka.

“Have I been pwned” telah lama memungkinkan orang untuk mencari tahu apakah email atau sandi mereka terungkap dalam pelanggaran data. Tetapi pelanggaran Facebook mendorong Troy Hunt, analis keamanan yang menjalankan situs tersebut, untuk membiarkan orang mencari nomor telepon juga. Sebab, kumpulan data yang bocor berisi lebih banyak nomor telepon daripada alamat email.

Dilansir dari Business Insider, Selasa (13/4), Hunt mengatakan dalam sebuah posting blog dia telah melihat jumlah orang yang belum pernah terjadi sebelumnya yang menggunakan “Have I been pwned” sejak pelanggaran Facebook terungkap ke publik. Ia mengatakan pembaruan baru hanya akan berlaku untuk nomor telepon yang bocor dalam pelanggaran Facebook dan bukan kebocoran sebelumnya.

Untuk mencari nomor telepon, pengguna harus menggunakan format internasional-yaitu dengan kode negara dan area mereka. Contohnya,  pengguna Amerika Serikat harus menambahkan +1 dan kode area mereka sebelum nomor mereka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA