Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Pedagang Terdampak Kebakaran Pasar Minggu Bakal Direlokasi 

Selasa 13 Apr 2021 12:08 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Friska Yolandha

Sejumlah warga sedang melihat gedung Blok C Pasar Minggu di Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (13/4). Bangunan tersebut diketahui hangus terbakar pada Senin (12/4) malam.

Sejumlah warga sedang melihat gedung Blok C Pasar Minggu di Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (13/4). Bangunan tersebut diketahui hangus terbakar pada Senin (12/4) malam.

Foto: Republika/Febryan. A
Saat ini PD Pasar sedang mendata jumlah pedagang terdampak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengatakan, pedagang yang terdampak kebakaran di Blok C Pasar Minggu akan segera direlokasi. Mereka akan dipindahkan ke tempat berjualan sementara di sejumlah blok lain di Pasar Minggu. 

Isnawa menjelaskan, kebakaran yang terjadi pada Senin (12/4) malam itu mengakibatkan 389 kios pedagang hangus. Selain kehilangan barang jualan, mereka kini juga tak bisa lagi berjualan di sana. Sebab, bangunan Blok C masih dibatasi garis polisi dan rentan roboh. 

Baca Juga

Oleh karena itu, para pedagang terdampak akan segera direlokasi. "Akan dicoba nantinya penempatan di blok-blok lain yang bisa," kata Isnawa usai meninjau Blok C Pasar Minggu di Kelurahan dan Kecamatan Pasar Minggu itu pada Selasa (13/4). 

Isnawa menyebut, masih terdapat sejumlah lokasi ataupun Blok yang bisa ditempati pedagang terdampak kebakaran. Nantinya mereka akan dipencar di sejumlah lokasi yang masih berada dalam area Pasar Minggu. "Salah satunya area kosong ada di dekat terminal," ucapnya. 

Isnawa pun meminta para pedagang untuk bersabar. Ia memahami bahwa awal Ramadhan ini biasanya momen penjualan melonjak. Tapi yang terjadi malah kebakaran. 

"Saya minta PD pasar segera menyediakan tepat berdagang sementara buat para pedagang," tegas Isnawa. 

Direktur Teknik PD Pasar Jaya, Aristianto, mengatakan, proses relokasi para pedagang terdampak masih diproses. Saat ini pihaknya sedang mendata jumlah pedagang terdampak. 

"Lalu akan kita lakukan penempatan untuk mereka berjualan sementara. Masih ada beberapa lokasi (yang kosong). Tapi kita tunggu datanya dulu," kata Aristianto.

Sedangkan bangunan Blok C yang sudah berusia lanjut, kata dia, juga sedang dikaji. Masih belum pasti apakah gedung itu akan dibangun ulang atau tidak. 

Kebakaran melanda Blok C Pasar Minggu di Kelurahan dan Pasar Minggu pada Senin (13/4) sekitar pukul 18.35 WIB. Isnawa bilang, sekitar 35 unit mobil pemadam dan 150 petugas dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas mulai melakukan proses pendinginan sekitar pukul 21.45 WIB.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA