Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Duo Pendiri Google Gabung Jadi Centibillionaire

Selasa 13 Apr 2021 11:44 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Mantap! Duo Pendiri Google Gabung Jadi Centibillionaire, Kekayaan Mereka Tembus Lebih dari Rp1.460 T (Foto: Ralph Orlowski/Getty Images)

Mantap! Duo Pendiri Google Gabung Jadi Centibillionaire, Kekayaan Mereka Tembus Lebih dari Rp1.460 T (Foto: Ralph Orlowski/Getty Images)

Larry Page dan Sergey Brin telah bergabung dalam jajaran centibillionaire

Duo pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin telah bergabung dalam jajaran centibillionaire atau miliarder dengan kekayaan lebih dari USD100 miliar (Rp1.460 triliun). Hal ini berkat reli panjang saham teknologi yang membuat duo pendiri Google ini untung besar.

Dilansir dari Bloomberg di Jakarta, Selasa (13/4/21) sepanjang sejarah baru catatan Bloomberg Billionaire Index, terdapat 8 orang miliarder yang kekayaannya berhasil menyentuh angka di atas USD100 miliar. Page dan Brin adalah dua miliarder yang baru bergabung dengan centibillionaire, yang kebanyakan berasal dari perusahaan teknologi AS.

Kekayaan keduanya masing-masing bertambah USD20 miliar atau Rp292 triliun sepanjang tahun ini. Pengaruh besarnya yakni berkat harga saham induk Google, Alphabet naik lebih dari 7% sepanjang tahun 2021.

Baca Juga: Bos Oracle Larry Ellison Gabung Klub Centibillionaire, Miliarder dengan Kekayaan 100 Miliar Dolar AS

Secara konsisten, saham Alphabet juga terus naik dalam dua minggu terakhir. Tren ini dipengaruhi oleh sentimen positif kemenangan Google dalam gugatan terhadap Oracle. Perusahaan batal membayar denda ratusan triliun.

Berkat itu, kekayaan Page ditaksir menembus USD104 miliar atau Rp1.521 triliun, sementara Brin kekayaannya genap USD100 miliar atau Rp1.460 triliun. Page menduduki peringkat orang terkaya ke-6 dunia, sementara Brin menduduki peringkat ke-8. Padahal beberapa minggu sebelumnya, kekayaan keduanya masih dikisaran USD80 miliar.

Alhasil, bertambahnya centibillionaire juga menambah nilai kekayaan gabungan yang dimiliki delapan centibillionaire lainnya, yakni mencapai lebih dari USD1 triliun (Rp14.600 triliun). Sepanjang tahun ini, nilai gabungan para centibillionaire sudah bertambah USD110 miliar atau lebih dari Rp1.600 triliun.

Gelar centibillionaire sebagian besar dimiliki oleh bos dari perusahaan teknologi. Namun demikian, Bernard Arnault dari LVMH juga menjadi salah satu centibillionaire. Arnault adalah produsen pakaian, perhiasan hingga sampanye mewah. Nilai kekayaan Arnault juga lebihd ari USD100 miliar.

Deretan bos teknologi lainnya yang kekayaan mereka tembus lebih dari USD100 miliar adalah Jeff Bezos, Elon Musk yang kekayaannya naik signifikan selama satu tahun terakhir, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Larry Ellison dari Oracle, dan kini ditambah duo pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Maka, jika ditambah Bernard Arnault dari LVMH, total centibillionaire di dunia hanya ada 8 orang.

(kurs Rp14.600/USD)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA