Mengatasi Kecemasan yang Muncul Saat Ramadhan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 14 Apr 2021 05:35 WIB

Mengatasi Kecemasan yang Muncul Saat Ramadhan. Ilustrasi Berpuasa Foto:

Tangani setiap masalah dan tentukan solusi untuk membantu Anda mempersiapkannya.

Setelah menemukan sumber kecemasan, Anda dapat merencanakan cara untuk membantu Anda menghadapinya. Anda mungkin memiliki situasi unik yang harus Anda persiapkan. Anda adalah orang terbaik untuk mencari solusi, meskipun mungkin dapat membantu dengan meminta ide dari teman atau kolega.

Tangani setiap masalah dan tentukan solusi untuk membantu Anda mempersiapkannya. Beberapa hal, seperti lapar dan haus, tidak bisa dihindari sepenuhnya. 

Namun, dampaknya dapat dikurangi dengan persiapan yang matang, seperti menyesuaikan jadwal dan perencanaan makan yang cermat.

Bekerja

Anda bisa bekerja ekstra di pagi hari, segera setelah makan sahur dan sholat subuh, jadi Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum terlalu lapar. Orang lain akan membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian sepanjang hari: beberapa waktu di pagi hari, dan kemudian setelah tidur siang, dan terkadang bahkan di tengah malam.  

Tidak semua orang memiliki jadwal kerja yang fleksibel, tetapi cari tahu apa yang dapat Anda lakukan yang akan membantu.

Merencanakan pola makan

Merencanakan makanan untuk memaksimalkan nutrisi sambil meminimalkan efek samping negatif juga merupakan cara bijak untuk mempersiapkan Ramadhan. 

Dengan waktu makan yang singkat selama bulan-bulan musim panas yang panjang, sangat penting untuk membuat makanan itu sehat. Minum banyak air sepanjang malam juga akan membantu Anda tetap terhidrasi.

Kebiasaan minum kopi atau soda mungkin telah menyebabkan kecanduan kafein, Anda bisa mulai menguranginya sedikit demi sedikit hingga waktu puasa. 

Jadwal ulang aktivitas

Ramadhan kemungkinan besar akan memengaruhi rutinitas, jadi Anda mungkin perlu menjadwalkan ulang suatu aktivitas atau beristirahat sejenak dari itu.  

Rencanakan sebelumnya, jika olahraga penting bagi Anda, temukan waktu yang paling cocok untuk tubuh puasa Anda. Atau jika perlu, berolahraga setelah berbuka puasa dan jadwalkan sesuai dengan itu.

 

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/3-easy-steps-to-overcome-anxiety-ramadan/

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X