Cara Berbuka Puasa Seperti Rasulullah

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 13 Apr 2021 13:25 WIB

Cara Berbuka Puasa Seperti Rasulullah. Ilustrasi Buka Puasa Sendiri Foto: Republika/Mardiah Cara Berbuka Puasa Seperti Rasulullah. Ilustrasi Buka Puasa Sendiri

Amalan puasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalankan ibadah puasa akan menjadikan seseorang beriman. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah 183:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Baca Juga

Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Habib Anis bin Syahab mengatakan undangan untuk berpuasa dikhususkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang beriman. “Nabi Muhammad SAW mengatakan berpuasalah maka kalian akan menjadi lebih sehat,” kata Habib Anis dalam kajian bertajuk "Mengikuti Puasa Nabi Muhammad SAW" di kanal Youtube Nabawi TV.

Amalan puasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga. Tentunya jika seseorang mengikuti apa yang Nabi kerjakan, pasti dia menjadi hamba yang dicintai oleh Allah. Allah berfirman dalam surat al-‘Imran ayat 31:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Qul ing kuntum tuḥibbụnallāha fattabi'ụnī yuḥbibkumullāhu wa yagfir lakum żunụbakum, wallāhu gafụrur raḥīm.

“Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah berbuka puasa dengan cara Nabi. Dia berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma dengan jumlah hitungan tiga, lima, atau tujuh butir. Mengonsumsi kurma ternyata baik bagi tubuh.

“Dalam ilmu kedokteran, kurma memiliki kandungan yang bisa dengan segera menggantikan kadar gula yang hilang dari tubuh kita ketika kita sudah hampir 12 jam tidak konsumsi makanan,” ujar dia.

Dengan cara ini, seseorang dapat berbuka dengan cara yang dipraktikkan oleh Rasulullah ribuan tahun yang lalu.

https://www.youtube.com/watch?v=tbG88K9PlBM

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X