Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Ingat Pak Harto dan Beduk Masjid Kampung Kala Ramadhan Tiba

Selasa 13 Apr 2021 05:01 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Masjid Pathok Nagari, Ploso Kuning, Yogyakarta. Beginilah bentuk  masjid yang bertebaran di perkampungan Jawa pada masa lalu. Sekarang arsitektur masjid model begini semakin jarang ditemukan.

Foto:
Kenangan setiap Ramadhan tiba.

Quinn, pada halaman 34 buku itu sekonyong-konyong menulis begini:

... Pada tahun 1980-an, Presiden Soeharto --sang tangan besi -- bahkan mengucurkan uang negara untuk memugar Masjid Agung Demak. Soeharto menghadiri peresmian selesainya pemugaran masjid, dan pada kesempatan itu menyatakan pandangan resminya tentang peran Masjid Agung (Demak) di Indonesia modern, sebagaimana dikemukakan kembali oleh sejarawan Nancy Florida:

Presiden Soeharto menyampaikan keyakinannya bahwa pemugaran masjid bukanlah pemugaran uang negara atau suatu kemewahan, melainkan sebagai bagian integral dari pembangunan dalam arti seluas-luasnya. Presiden memandang pemugaran itu sebagai bagian dari upaya pemupukan 'modal rohani' bangsa yang menjadi sumber modal kerja yang akan mendorong kuat-kuat segala aspek pembangunan nasional'....

Membaca tulisan George Quin itu kepala saya berdenyut keras. Ada perasaan paradoks, pahit dan manis, getir, dan asin di sana.