Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Benarkah Tuduhan Alquran Berasal dari Yahudi dan Kristen?

Senin 12 Apr 2021 22:46 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW secara orisinil dan haq. Alquran (ilustrasi)

Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW secara orisinil dan haq. Alquran (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW secara orisinil dan haq

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terdapat seorang penanya yang bertanya terkait orang-orang dari Yahudi dan Kristen menyatakan Alquran berasal dari mereka. Penanya tersebut ingin menghilangkan keraguan perihal hal tersebut.

Pertanyaan tersebut pun langsung dijawab lewat laman Islamweb, disebutkan bahwa kecurigaan akan hal tersebut tidak akan memengaruhi seseorang dengan pikiran yang luas dan sehat. Tidak ada satu ayat Alquran pun yang berasal dari Ahlul Kitab.

Baca Juga

Bahkan semenjak dahulu mereka telah menyangkal wahyu dari Allah Ta'ala. Maka tidak perlu menyibukkan diri untuk menanggapi mereka. Adapun buktinya, ini sudah ada dari sebelumnya, seperti yang tertera dalam surat Alquran: 

وَلَقَدْ نَعْلَمُ اَنَّهُمْ يَقُوْلُوْنَ اِنَّمَا يُعَلِّمُهٗ بَشَرٌۗ لِسَانُ الَّذِيْ يُلْحِدُوْنَ اِلَيْهِ اَعْجَمِيٌّ وَّهٰذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُّبِيْنٌ "Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata, "Sesungguhnya Alquran itu hanya diajarkan seorang manusia kepadanya (Muhammad)". Bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa Muhammad belajar) kepadanya adalah bahasa ajam, padahal ini (Alquran) adalah dalam bahasa Arab yang jelas.” (QS An Nahl 103).

Kemudian para penentang diberikan tantangan untuk membuat 10 surat atau satu surat semisal Alquran. Namun ternyata orang-orang itu tidak dapat membuatnya. Ini menunjukkan ketidakbenaran klaim mereka. 

Orang-orang musyrik Makkah menuduh Nabi Muhammad ﷺ menerima pelajaran Alquran dari seseorang. Menurut mereka, orang itu seorang laki-laki asing, bukan bangsa Arab, yang selalu mengajarkan kitab-kitab lama di tengah-tengah mereka. Allah SWT berfirman: 

وَكَذٰلِكَ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَۗ فَالَّذِيْنَ اٰتَيْنٰهُمُ الْكِتٰبَ يُؤْمِنُوْنَ بِهٖۚ وَمِنْ هٰٓؤُلَاۤءِ مَنْ يُّؤْمِنُ بِهٖۗ وَمَا يَجْحَدُ بِاٰيٰتِنَآ اِلَّا الْكٰفِرُوْنَ وَمَا كُنْتَ تَتْلُوْا مِنْ قَبْلِهٖ مِنْ كِتٰبٍ وَّلَا تَخُطُّهٗ بِيَمِيْنِكَ اِذًا لَّارْتَابَ الْمُبْطِلُوْنَ بَلْ هُوَ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ فِيْ صُدُوْرِ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَۗ وَمَا يَجْحَدُ بِاٰيٰتِنَآ اِلَّا الظّٰلِمُوْنَ 

"Dan demikian (pulalah) Kami turunkan kepadamu Kitab (Alquran) maka orang-orang yang telah Kami berikan kepada mereka Al-Kitab (Taurat dan Injil) mereka beriman kepadanya (Alquran); dan di antara mereka (orang-orang kafir Mekah) ada yang beriman kepadanya. Dan tidak adalah yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang kafir. Dan kamu (Muhammad) tidak pernah membaca sebelumnya (Alquran) sesuatu kitab pun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu kitab dengan tangan kananmu; andaikata (kamu pernah membaca dan menulis), benar¬ benar ragulah orang yang mengingkari(mu). Sebenarnya Alquran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim." (QS  Al Ankabut ayat 47-49).

Sumber: islamweb 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA