Senin 12 Apr 2021 21:18 WIB

5.000 Lansia dan Guru Cianjur Divaksinasi Saat Ramadhan

Vaksinasi Covid-19 di Cianjur akan dilakukan setelah waktu berbuka puasa.

Vaksinasi Covid-19 di Cianjur akan dilakukan setelah waktu berbuka puasa.
Foto: Antara/Fauzan
Vaksinasi Covid-19 di Cianjur akan dilakukan setelah waktu berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, menyatakan bahwa selama bulan puasa tetap memberikan vaksinasi bagi 5.000 orang lansia dan guru. Vaksinasi akan dilakukan setelah berbuka puasa guna meminimalisir munculnya efek samping vaksin.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Senin (12/4), mengatakan, pemberian vaksinuntuk pegawai publik dan lansia dapat tuntas sebelum Juni. Vaksinasi tahap III untuk masyarakat umum dapat dilakukan dan tuntas di bulan Juli.

Baca Juga

"Selama bulan puasa vaksinasi tidak akan dihentikan karena vaksinasi untuk beberapa sasaran ditargetkan sudah selesai sebelum Juni, khusus untuk guru harus selesai sebelum tahun ajaran baru dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka," kata Herman.

Pelaksanaan vaksinasi, ungkap dia, akan dilakukan secara masal dan bergerakdengan cara mendatangi sasaran vasinasi di sejumlah wilayah usai melaksanakan sholat magrib atau usai berbuka puasa. Tenaga medis yang dilibatkan dari pusat layanan kesehatan setempat.

"Kita berikan vaksinasi setelah berbuka atau usai sholat magrib, dimana pemberian vaksinasi akan dilakukan di lokasi yang sudah ditentukan atau menyasar masjid, dimana sasaran vaksinasi berdomisili, petugas di mobile terdiri dari tenaga medis di puskesmas," katanya.

Pihaknya berharap vaksinasi selama bulan puasa, tetap berjalan sesuai dengan target. Seluruh pegawai publik dan lansia, sudah mendapatkan vaksinasi sebelum bulan Juni, sehingga petugas medis tinggal fokus memberikan vaksinasi tahap III untuk masyarakat umum.

Sementara, Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan, vaksinasi di siang hari akan dilakukan dengan sasaran masyarakat non muslim yang akan digelar di beberapa lokasi di wilayah kota dan Cianjur utara. "Untuk vaksinasi siang hari diperuntukan bagi meraka yang non muslim, sehingga vaksinasi tetap berjalan dan target vaksinasi tercapai seuai jadwal," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement