Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Huawei Pastikan OS Harmony Masuk Ponsel

Senin 12 Apr 2021 21:10 WIB

Red: Nora Azizah

Perusahaan teknologi asal China, Huawei, memestikan sistem operasi (operating system) Harmony buatan mereka sendiri akan hadir di perangkat ponsel.

Perusahaan teknologi asal China, Huawei, memestikan sistem operasi (operating system) Harmony buatan mereka sendiri akan hadir di perangkat ponsel.

Foto: xda
OS Harmony dibuat terkait sanksi AS pada Huawei pada 2019 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi asal China, Huawei, memestikan sistem operasi (operating system) Harmony buatan mereka sendiri akan hadir di perangkat ponsel. "Berikutnya, OS Harmony akan hadir di ponsel," kata Rotating Chairman Huawei, Eric Xu, saat Huawei Global Analyst Summit 2021 yang disiarkan secara langsung, Senin (12/4).

Amerika Serikat memberikan sanksi kepada Huawei sejak 2019 lalu yang berakibat ponsel keluaran Huawei tidak mendapatkan lisensi penuh dari Google Android. Sejak itu, Huawei meluncurkan sistem operasi buatan sendiri bernama Harmony, yang saat ini terpasang di perangkat wearable dan layar keluaran merk tersebut.

Baca Juga

Mereka juga mengembangkan ekosistem Huawei Mobile Services sebagai pengganti sejumlah layanan dari Google Android. Huawei sudah bekerja sama dengan 20 vendor perangkat lunak dan 280 vendor aplikasi untuk mengembangkan ekosistem di Huawei Mobile Services atau HMS.

"Kami perkirakan lebih dari 40 merk arus utama dan 100 juta perangkat akan jadi titik masuk OS Harmony pada 2021," kata Xu.

Hingga akhir tahun lalu, terdapat 23, juta pengembang yang terdaftar di ekosistem HMS, sekitar 300.000 pengembang berada di luar China.Catatan Huawei, tahun lalu pengguna Huawei App Gallery di luar China naik lebih dari 10 kali lipat dibandingkan 2019. Huawei App Gallery menjangkau lebih dari 700 juta pengguna Huawei di 170 negara dan wilayah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA