Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Janet Jackson akan Lelang Barang Pribadinya

Senin 12 Apr 2021 19:28 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Lelang barang-barang Janet Jackson akan berlangsung tiga hari di Beverly Hills.

Lelang barang-barang Janet Jackson akan berlangsung tiga hari di Beverly Hills.

Foto: EPA
Lelang barang-barang Janet Jackson akan berlangsung tiga hari di Beverly Hills.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi dari Amerika Serikat Janet Jackson akan melelang barang pribadinya lebih dari seribu buah dan bekerja sama dengan juru lelang selebriti Julien untuk menjadi tuan rumah penjualan tiga hari di Beverly Hills mulai 14 Mei 2021. Hal ini dilakukan agar menjadi salah satu kenangan bagi para penggemar di seluruh dunia. 

"Janet belum pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya. Kami telah mendekatinya berkali-kali dan selalu sangat sulit menemukan apapun di lelang darinya karena dia menyimpan dan mengarsipkan semuanya," kata Direktur Eksekuti Lelang Julien, Martin Nolan dikutip dari theguardian, Senin (12/4).

Item yang diperebutkan termasuk gaun pengantin Jackson untuk pernikahan rahasianya dengan penari René Elizondo Jr pada tahun 1991, ditambah furnitur dan perhiasan.  Ini juga akan mencakup kostum dari turnya dan video musik untuk lagu Control, Nasty dan What Have You Done For Me Lately. Ansambel futuristik Jackson dari Scream, duetnya dengan saudara laki-laki Michael, lalu video musik termahal di dunia seharga 7 juta US Dolar. Semuanya disertakan dan dilelang.

Baca Juga

Jaket militer Jackson's Rhythm Nation, yang bisa dibilang bagian dari pakaiannya yang paling berkesan, memiliki perkiraan 6.000 US Dolar sementara anting-anting melingkar warna peraknya yang terkenal yang menahan kunci dihargai  2.000 US Dolar.

"Dia menyimpan barang-barang ini selama bertahun-tahun di rumahnya yang di Los Angeles, New York dan London.  Dia sangat aktif dalam mengirimkan catatan pribadi di setiap bagian, mengingat apa yang dia kenakan dan kapan, yang telah kami sertakan dalam katalog.  Dia sekarang merasa sudah waktunya untuk melepaskan," kata dia.

Diketahui, Janet telah menghasilkan 12 album, banyak di antaranya meraih multi-platinum dan masih memegang rekor untuk konser debut paling sukses oleh artis rekaman dengan tur Rhythm Nation tahun 1990-nya. Kariernya setidaknya di arus utama tergelincir di tahun 90-an oleh penampilan tahun 2004 di Superbowl yang dijuluki Nipplegate, ketika Justin Timberlake merobek sebagian kostum Janet dan memperlihatkan payudaranya kepada dunia.

Momen menghebohkan di AS lagi dan video Janet ditarik dari stasiun radio dan saluran televisi karena reaksi balasannya hampir seluruhnya terfokus padanya. Justin membutuhkan waktu 17 tahun untuk meminta maaf kepada Janet yang dilakukannya di Instagram pada bulan Februari 2021. Kostum Superbowl tidak termasuk dalam pelelangan.

Namun, Janet terus terhubung dengan sekumpulan penggemar yang lebih muda di TikTok dan Instagram. Penghargaan untuk tarian koreografinya yang paling terkenal secara rutin menjadi viral dan dia telah digambarkan sebagai yang mempengaruhi seluruh generasi baru dari artis pop dan R&B.

Menyusul setnya di Glastonbury 2019, Janet dijadwalkan tampil di stadion di seluruh dunia lagi musim panas lalu sebelum tur Black Diamond-nya dijadwal ulang. Lelang Janet yang disebut Julien sebagai "harta karun ikonik dari karier legendaris" disertai dengan tiga katalog, yang ditandatangani dalam edisi terbatas oleh penyanyi itu, yang masing-masing dijual seharga 800 US Dolar. 

Rumah itu memperkirakan penjualan jutaan dolar, dengan Janet menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan ke badan amal Compassion International.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA