Senin 12 Apr 2021 17:42 WIB

Sejumlah Bahan Pokok di Depok Naik Jelang Ramadhan

TPID Kota Depok melakukan inspeksi mendadak ke salah satu pasar.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas memeriksa kesegaran daging ayam di pasar jelang Ramadhan. Ilustrasi
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas memeriksa kesegaran daging ayam di pasar jelang Ramadhan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Agung. Sidak ini diadakan guna memantau perkembangan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, berdasarkan hasil pantauan ditemukan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Namun, kenaikannya masih dalam batas wajar.

Salah satunya daging sapi, dari harga Rp 120 ribu/kg naik menjadi Rp 130 ribu/kg. Kemudian, ayam broiler dari Rp 35 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu/kg. Sedangkan cabai merah keriting harganya turun dari Rp 130 ribu/kg ke Rp 80 ribu/kg.

Kenaikan harga hampir serentak di lima pasar tradisional yang dikelola oleh Pemkot Depok. Seperti, Pasar Agung, Pasar Musi, Pasar Tugu, Pasar Sukatani, dan Pasar Cisalak.

"Selama bulan puasa kami akan terus pantau kestabilan harga setiap harinya. Alhamdulillah untuk stok bahan pokok dan sembako cukup," ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, saat memantau harga di Pasar Agung, Kota Depok, Senin (12/4).

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Depok, Wahid Suryono menambahkan, apabila masih terjadi kenaikan harga, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian untuk menggelar operasi pasar. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok.

"Kami juga mengajak perusahaan serta masyarakat bersama-sama mengadakan pasar murah di seluruh wilayah Kota Depok," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement