Senin 12 Apr 2021 17:38 WIB

TMII Mulai Transisi Manajemen, Moeldoko: Harus Transparan

Moeldoko mengatakan, TMII harus bisa meningkatkan kontribusi terhadap negara.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ratna Puspita
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko
Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai menyiapkan diri seiring dimulainya masa transisi pengelolaan ke pemerintah. Moeldoko juga meminta seluruh proses transisi pengelolaan ini berjalan transparan. 

"Pemerintah siapkan 3 bulan untuk transisi, dan ini sudah dimulai. Semuanya harus transparan agar ke depan lebih mudah," kata Moeldoko saat berkunjung ke TMII, Senin (12/4). 

Baca Juga

Pemerintah, kata Moeldoko, juga telah menyiapkan BUMN Pariwisata untuk mengelola TMII. Beberapa rencana pun telah dipersiapkan. Mulai dari peningkatan fungsi anjungan-anjungan daerah yang akan dijadikan tempat berkumpulnya inovator sosial, budaya dan teknologi. Hingga membuka ruang bersama bagi para penggemar teknologi untuk membawa Indonesia menuju Industri 4.0.

TMII, dia mengatakan, harus bisa meningkatkan kontribusi terhadap negara. Seperti diketahui, pengelolaan TMII selama ini justru menimbulkan kerugian sehingga nihil terhadap kontribusi keuangan terhadap negara. 

"TMII bisa dikembangkan jadi sebuah kekuatan dalam berikan kontribusi yang lebih ke negara," katanya. 

Tidak hanya itu, mantan panglima TNI ini juga mengatakan, TMII bisa jadi tempat kajian, riset hingga pengembangan peradaban suku-suku budaya Indonesia. Dengan begitu, pengunjung yang datang bisa membayangkan luasnya Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya, dan agama. 

"Maka tidak lagi ada berbicara perbedaan suku, budaya, agama, tapi bicara persatuan dan kesatuan," katanya. 

Sesuai arahan dari Perpres Nomor 19 tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah, pemerintah menyiapkan waktu tiga bulan untuk transisi. Selain itu, teknis pengelolaan TMII juga akan melibatkan hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Selain itu, Moeldoko juga memastikan nasib karyawan TMII akan dirumuskan dengan baik dengan langkah-langkah efisien. Melalui cara ini, para karyawan TMII akan memiliki fleksibilitas yang tinggi dengan lingkungan yang strategis.

Saat melakukan kunjungan ke TMII, Moeldoko kembali mengingat dirinya kerap mengajak keluarga dari daerah untuk berkunjung ke TMII. Moeldoko beserta tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) dan pengelola TMII berkeliling melihat kondisi terkini sarana prasarana 'Miniatur Indonesia' itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement