Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

14 Efek Samping Vaksin Covid-19

Senin 12 Apr 2021 17:00 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Beberapa efek samping seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil, merupakan tanda bahwa vaksin telah memicu tubuh Anda untuk membangun perlindungan terhadap Covid-19.

Beberapa efek samping seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil, merupakan tanda bahwa vaksin telah memicu tubuh Anda untuk membangun perlindungan terhadap Covid-19.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Beberapa efek merupakan tanda vaksin telah memicu tubuh membangun perlindungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang mengalami efek samping dari vaksinasi Covid-19. Beberapa efek samping seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil, merupakan tanda bahwa vaksin telah memicu tubuh Anda untuk membangun perlindungan terhadap Covid-19.  

"Semakin besar respons kekebalan tubuh Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan merasa seperti menderita penyakit seperti flu," kata Kathleen Mullane, DO, PharmD, profesor kedokteran dan direktur uji klinis penyakit menular di Universitas Chicago, dilansir di Health.com, Senin (12/4).

Saat ini, terdapat tiga vaksin Covid-19 di AS, yakni vaksin Pfizer, vaksin Moderna (keduanya adalah vaksin mRNA) dan vaksin Johnson & Johnson (vaksin vektor virus). Dari ketiga vaksin tersebut, vaksin Johnson & Johnson tampaknya menghasilkan efek samping yang lebih ringan, menurut orang-orang yang menerimanya.

Namun, itu tidak berarti bahwa Anda harus menghindari satu vaksin tertentu. Semuanya aman dan efektif, dan Anda tidak dapat mengetahui sebelumnya apakah Anda akan mengalami efek samping atau tidak sama sekali.

Berikut 14 efek samping vaksin COVID19:

1. Nyeri di tempat suntikan

Selain nyeri, Anda mungkin juga melihat kemerahan atau bengkak di tempat jarum masuk ke kulit Anda, tetapi itu akan menghilang. Sekitar 70 persen hingga 80 persen orang merasakan nyeri lengan pada hari penyuntikan. Jika itu mengganggu Anda, Anda bisa menenangkan area tersebut dengan waslap dingin.

2. Lengan nyeri

Efek samping ini berbeda dengan nyeri lengan atas pasca-injeksi. Nyeri lengan terjadi sekitar lima hingga tujuh hari setelah vaksin ketika lengan Anda memerah dan gatal. Lesi merah yang terbentuk di tempat suntikan bisa berukuran 1 inci sampai 5 inci persegi.
 
Jika Anda mengalami lengan nyeri, Anda dapat minum antihistamin atau mengoleskan kortison topikal untuk meredakan gatal. Setelah hilang dan saatnya untuk dosis kedua Anda, pertimbangkan untuk mengganti lengan yang akan disuntik.

3. Pembengkakan kelenjar getah bening

Anda mungkin memperhatikan bahwa kelenjar getah bening Anda membengkak saat Anda sakit. Hal yang sama dapat terjadi setelah vaksin, dan lebih sering setelah suntikan Moderna, yang terjadi pada sekitar satu dari 10 orang. Pembengkakan ini akan terjadi di kelenjar getah bening di area ketiak dekat tempat suntikan.

Apa penyebab bengkaknya? Kelenjar getah bening Anda bekerja keras memproduksi antibodi yang melawan infeksi, membuatnya bertambah besar. Menurut Dr. Petri, kedengarannya menakutkan, tapi bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA