Senin 12 Apr 2021 14:59 WIB

Inovasi Layanan KIA Wujudkan Gerakan Sadar Adminduk

Kabupaten Bantul masuk ke dalam 10 besar untuk KIA dengan capaian 85 persen.

Kantor Pemkab Bantul.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kantor Pemkab Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama PT Kantor Pos Indonesia (Persero) setempat meluncurkan inovasi layanan bergerak Kartu Identitas Anak (M-KIA) dalam rangka Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan.

"Administrasi kependudukan adalah hak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena itu, kami tentunya tidak ingin pelayanan administrasi kependudukan di Bantul dilakukan dengan mekanisme yang rumit," kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, di sela peluncuran inovasi layanan M-KIA di Bantul.

Oleh karena itu, selaku pemerintah kabupaten (pemkab) pihaknya apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan PT Pos Indonesia (Persero) yang telah berkolaborasi dan bersinergi menghadirkan inovasi pelayanan Mobile Kartu Identitas anak (M-KIA).

Bupati mengatakan, pelayanan administrasi pendudukan bukan hanya milik orang dewasa, tetapi semua penduduk berhak memiliki dokumen kependudukan termasuk anak-anak. Sehingga masyarakat agar memanfaatkan M-KIA dengan baik guna mendukung terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Bantul.

 

"Mari kita manfaatkan keberadaan inovasi M-KIA guna mendukung terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Bantul, dengan memiliki KIA berarti anak-anak Bantul terdaftar sebagai anak Indonesia dan memiliki hak-hak yang harus dipenuhi oleh negara sebagai anak Indonesia," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Bantul Bambang Purwadi mengatakan peluncuran inovasi layanan M-KIA ini sebagai wujud perjuangan agar anak Bantul memiliki kartu identitas kependudukan.

"Kabupaten Bantul masuk ke dalam 10 besar untuk KIA dengan capaian sebesar 85 persen, selain itu KIA di Bantul sudah sesuai dengan Permendagri Nomor 02 Tahun 2016 tentang KIA, serta Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 tentang peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan," ujar dia.

Sedangkan, Kepala PT Kantor Pos Indonesia Bantul Toni Suhendi mengatakan, dalam pengiriman KIA, pihaknya berkomitmen agar KIA sampai kepada dengan utuh kepada masyarakat. Selain itu dia juga berharap kerja sama tersebut bisa terus dilakukan berkesinambungan.

sumber : Antara.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement