Senin 12 Apr 2021 06:57 WIB

5 Minuman Terbaik Atasi Brain Fog

Penyebab dari 'brain fog' itu sendiri cukup sulit untuk diketahui.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala-gejala yang tak nyaman dan menyulitkan seperti sulit berkonsentrasi, mengalami masalah ringan terkait daya ingat, pemikiran kabur, hingga kelelahan.
Foto: Pixabay
Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala-gejala yang tak nyaman dan menyulitkan seperti sulit berkonsentrasi, mengalami masalah ringan terkait daya ingat, pemikiran kabur, hingga kelelahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala-gejala yang tak nyaman dan menyulitkan seperti sulit berkonsentrasi, mengalami masalah ringan terkait daya ingat, pemikiran kabur, hingga kelelahan. Beberapa minuman dinilai dapat membantu meringankan kondisi tersebut.

Penyebab dari brain fog itu sendiri cukup sulit untuk diketahui. Alasannya, ada banyak kondisi yang dapat memicu terjadinya brain fog seperti anemia, disfungsi tiroid, ketidakseimbangan hormonal, sampai stres dan gangguan kecemasan.

Baca Juga

Dr Josh Axe mengungkapkan brain fog juga bisa disebabkan oleh penyakit kognitif degeneratif yang serius seperti demensia. Namun selama bukan disebabkan oleh penyakit kognitif degeneratif yang serius, brain fog bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup. Sebagian di antaranya adalah pengelolaan stres, tidur yang cukup, dan mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

"Defisiensi (zat gizi), disertai dengan asupan gula, alkohol, karbohidrat olahan, dan kafein berlebih bisa berdampak besar bagi fungsi otak," pungkas sang dokter, seperti dilansir EatThis, Ahad (11/4).

Beberapa minuman juga dinilai dapat membantu meringankan kondisi brain fog. Berikut ini adalah lima minuman di antaranya.

Air Putih

Dehidrasi turut berkontribusi pada kekacauan pikiran. Bahkan dehidrasi yang ringan pun dapat menyebabkan perubahan dalam sejumlah aspek penting pada fungsi kognitif, misalnya konsentrasi, kewaspadaan, dan memori jangka pendek.

Penting untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Dengan begitu, risiko terjadinya brain fog juga dapat dihindari.

Teh Hijau

Teh hijau diketahui mengandung kafein, senyawa tanaman yang dapat membantu meningkatkan fokus. Kelebihan lain dari teh hijau adalah kandungan polifenolnya. Menurut penelitian, polifenol memiliki efek neuroprotektif dan dapat membantu mencegah demensia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement