Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

5 Minuman Terbaik Atasi Brain Fog

Senin 12 Apr 2021 06:57 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala-gejala yang tak nyaman dan menyulitkan seperti sulit berkonsentrasi, mengalami masalah ringan terkait daya ingat, pemikiran kabur, hingga kelelahan.

Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala-gejala yang tak nyaman dan menyulitkan seperti sulit berkonsentrasi, mengalami masalah ringan terkait daya ingat, pemikiran kabur, hingga kelelahan.

Foto: Pixabay
Penyebab dari 'brain fog' itu sendiri cukup sulit untuk diketahui.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brain fog merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gejala-gejala yang tak nyaman dan menyulitkan seperti sulit berkonsentrasi, mengalami masalah ringan terkait daya ingat, pemikiran kabur, hingga kelelahan. Beberapa minuman dinilai dapat membantu meringankan kondisi tersebut.

Penyebab dari brain fog itu sendiri cukup sulit untuk diketahui. Alasannya, ada banyak kondisi yang dapat memicu terjadinya brain fog seperti anemia, disfungsi tiroid, ketidakseimbangan hormonal, sampai stres dan gangguan kecemasan.

Dr Josh Axe mengungkapkan brain fog juga bisa disebabkan oleh penyakit kognitif degeneratif yang serius seperti demensia. Namun selama bukan disebabkan oleh penyakit kognitif degeneratif yang serius, brain fog bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup. Sebagian di antaranya adalah pengelolaan stres, tidur yang cukup, dan mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

"Defisiensi (zat gizi), disertai dengan asupan gula, alkohol, karbohidrat olahan, dan kafein berlebih bisa berdampak besar bagi fungsi otak," pungkas sang dokter, seperti dilansir EatThis, Ahad (11/4).

Beberapa minuman juga dinilai dapat membantu meringankan kondisi brain fog. Berikut ini adalah lima minuman di antaranya.

Air Putih
Dehidrasi turut berkontribusi pada kekacauan pikiran. Bahkan dehidrasi yang ringan pun dapat menyebabkan perubahan dalam sejumlah aspek penting pada fungsi kognitif, misalnya konsentrasi, kewaspadaan, dan memori jangka pendek.

Penting untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Dengan begitu, risiko terjadinya brain fog juga dapat dihindari.

Teh Hijau
Teh hijau diketahui mengandung kafein, senyawa tanaman yang dapat membantu meningkatkan fokus. Kelebihan lain dari teh hijau adalah kandungan polifenolnya. Menurut penelitian, polifenol memiliki efek neuroprotektif dan dapat membantu mencegah demensia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA