Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

5 Kebiasaan yang Bisa Picu Diabetes

Senin 12 Apr 2021 06:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Tanpa disadari, beberapa aktivitas sehari-hari bisa picu diabetes tipe2.

Foto:
Tanpa disadari, beberapa aktivitas sehari-hari bisa picu diabetes tipe2.

Menumpuk Stres
Stres tak hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental, tetapi juga fisik. Stres yang terjadi dalam jangka panjang atau stres kronis dapat mendorong terjadinya resistensi insulin. Resistensi insulin dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan kemudian berujung pada terjadinya diabetes tipe 2.

Stres merupakan hal yang tak bisa dihindari dan pada kadar tertentu sebenarnya dibutuhkan dalam hidup. Yang terpenting adalah memiliki cara untuk mengelola stres agar tidak berlebih dan berkepanjangan. Beberapa cara untuk mengelola stres adalah meditasi, olahraga, mendengarkan musik, atau melakukan aktivitas yang disukai.

Kegemukan
Kemungkinan seseorang untuk terkena diabetes tipe 2 akan semakin besar bila tidak beraktivitas fisik secara aktif dan memiliki tubuh yang gemuk atau obesitas. Kelebihan berat badan terkadang dapat menyebabkan resistensi insulin. Penumpukan lemak yang terjadi di perut juga kerap berkaitan dengan resistensi insulin, diabetes tipe 2, serta penyakit jantung dan pembuluh darah.

Pemilik tubuh yang gemuk atau obesitas sebaiknya melakukan upaya penurunan berat badan untuk menghindari risiko ini. Jadikan indeks massa tubuh sebagai acuan untuk mengetahui apakah tubuh diri sendiri dalam kondisi kurus, normal, gemuk, atau obesitas.

Faktor di Luar Kendali
Selain faktor gaya hidup, ada beberapa faktor lain yang turut mempengaruhi risiko seseorang terkena diabetes. Sebagian di antaranya adalah gen, mutasi genetik, dan obat-obatan. Orang-orang yang merasa berisiko terhadap diabetes sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat melakukan pencegahan lebih dini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA