Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

5 Cara Manfaatkan Ampas Kopi untuk Kebun

Ahad 11 Apr 2021 22:14 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Bila digunakan dengan benar, ampas kopi bisa bermanfaat untuk tanaman.

Bila digunakan dengan benar, ampas kopi bisa bermanfaat untuk tanaman.

Foto: Pix4free
Bila digunakan dengan benar, ampas kopi bisa bermanfaat untuk tanaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin akan membuang ampas kopi mereka usai menenggak habis minuman penambah stamina itu. Namun, bubuk kopi memiliki manfaat yang ajaib bagi tanaman, bunga, dan untuk tumpukan kompos.

Coffee Direct mengungkapkan cara memberikan kesegaran pada taman hanya menggunakan bubuk kopi. Jika digunakan dengan benar, ampas kopi bisa menjadi tambahan yang bagus untuk ruang luar rumah kita.

Utamanya, kopi bisa menangkal serangga yang mengganggu dan membuat mulsa. Tidak yakin bagaimana cara menggunakannya di luar rumah? Berikut ini cara menggunakan kopi dengan benar, dilansir dari housebeautiful, Ahad (11/4).

1. Menjadi pupuk
Bubuk kopi bisa menjadi pupuk yang bagus, karena mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Wortel, azalea, dan mawar semuanya mendapat manfaat dari tanahnya, jadi cukup taburkan beberapa ampas kopi langsung ke tanah.

“Bubuk kopi menambahkan bahan organik ke tanah, membantu retensi air, aerasi, dan drainase. Campurkan dua cangkir bubuk kopi yang diseduh dengan lima galon air dalam ember semalaman,” kata pakar kopi di Coffee Direct, Lewis Spencer.

2. Memberi makan cacing
Cacing menyukai bubuk kopi. Karena mereka tidak memiliki gigi, kopi memberikan zat berpasir di usus mereka yang membantu mereka mengunyah makanan. Tapi berhati-hatilah agar hanya menambahkan sedikit ampas kopi saja setiap hari, agar cacing-cacing tidak sakit.

3. Mencegah keong dan hama
Kopi adalah obat rumahan yang sangat baik untuk secara alami menjauhkan siput dan semut. Untuk melakukan ini, cukup sebarkan ampas di tanah sekitar tanaman yang rentan, dan ini akan menjadi penghalang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA