Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Singkirkan Persebaya, Persib ke Semifinal Piala Menpora 2021

Ahad 11 Apr 2021 20:31 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain Persib Bandung melakukan selebrasi bersama usai membobol gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Ahad (11/4).

Para pemain Persib Bandung melakukan selebrasi bersama usai membobol gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Ahad (11/4).

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Baik Persebaya maupun Persib harus tampil dengan 10 pemain karena kartu merah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung berhasil lolos ke semifinal Piala Menpora 2021 usai menaklukkan Persebaya Surabaya. Tak tanggung-tanggung skor 3-2 tercipta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Ahad (11/4).

Persib menurunkan tiga penyerangnya, Frets Butuan, Ezra Walian, dan Wander Luiz. Sementara Persebaya mengubah skema dengan menyimpan pemain seniornya, Samsul Arif dan Rendi Saputra dari bangku cadangan, dan memilih menurunkan Marselino Ferdinand.

Babak pertama diawali gol Ezra yang berhasil mengeksekusi bola muntah dari tendangan pojok Febri Hariyadi. Menit pertama, Persib sudah unggul 1-0 dari Persebaya.

Persebaya yang terkejut lebih banyak mengamankan lini pertahanannya. Persib yang menguasai pertandingan kembali mencoba peruntungan dengan menekan Persebaya. Hasilnya, Wander Luiz menambah keunggulan Persib setelah memanfaatkan umpan Frets menjadi gol. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Persib di menit enam.

Aksi saling serang pun terjadi. Pada menit 36, tendangan pojok dari Frets berhasil dieksekusi oleh Nick Kuipers. Skor berubah menjadi 3-0 untuk Maung Bandung.

Babak pertama diakhiri dengan kartu merah yang diberikan wasit bagi kiper Persebaya Satria Tama yang dianggap menggunakan tangannya di luar kotak penalti. Babak pertama berakhir dengan skor 3-0 atas keunggulan Persib.

Babak kedua dimulai dengan ritme cepat dari kedua tim. Persebaya yang bermain dengan 10 pemain justru mulai menekan lini perhanan Persib.

Menit 61, tendangan bebas dari Alwi Slamet berhasil dieksekusi dengan sundulan Arif Satria. Persebaya memperkecil selisih gol dari Persib dengan mengubah skor menjadi 1-3.

Wasit langsung memberikan kartu merah bagi Wander Luiz karena dianggap menyerang pemain lawan saat Persebaya bersiap untuk melakukan tendangan bebas. Kedua tim bermain dengan 10 pemain.

Persib mengganti skema dengan bertahan setelah menurunkan Jupe dan Supardi. Namun Persebaya terus mencoba menekan pertahanan Persib.

Wasit memberikan lima menit tambahan waktu. Persebaya kemudian memperkecil ketertinggalan dari tendangan bebas Alwi yang dieksekusi menjadi gol dari sundul Syaifudin. Skor berubah menjadi 3-2.

Jelang akhir pertandingan aksi saling serang belum selesai. Wasit meniup peluit akhir pertandingan dengan skor 3-2 untuk kemenangan Persib. Dengan hasil ini, Persib berhal melangkah ke babak semifinal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA