Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Cara Sederhana Kurangi Konsumsi Kafein

Ahad 11 Apr 2021 19:21 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Sebagian orang alami ketergantungan kafein dan mencoba menguranginya.

Sebagian orang alami ketergantungan kafein dan mencoba menguranginya.

Foto: Pixabay
Sebagian orang alami ketergantungan kafein dan mencoba menguranginya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu suguhan terbesar yang seringkali dinikmati beberapa dari kita setiap harinya adalah secangkir kopi. National Coffee Association mengklaim 62 persen orang Amerika menikmati beberapa jenis kopi setiap hari, dan para ahli hanya memperkirakan angka tersebut akan meningkat.

Dilansir dari eatthis, Ahad (11/4), saat tengah hari tiba, godaan untuk mengambil soda atau latte muncul lagi dan meskipun membantu kita sampai di penghujung hari, minuman itu membuat kita merasakan gelisah yang tidak perlu. Semua ketergantungan pada stimulan itu semata untuk membantu kita menjalani hari.

Akibat ketergantungan, banyak orang yang ingin menghentikan konsumsi kafeinnya, atau setidaknya mengurangi secara perlahan. Kita tidak hanya harus menemukan cara baru untuk tetap berenergi sepanjang hari, tetapi banyak dari kita juga terkena gejala akibat konsumsi kafein, termasuk seperti sakit kepala yang sangat parah.

Baca Juga

Akibatnya, menemukan cara terbaik untuk menjauhkan diri dari segelas soda, secangkir teh hitam, atau latte, tampaknya jauh lebih sulit daripada yang diharapkan. Untungnya, ada satu cara mudah untuk mengurangi konsumsi kafein dan bahkan bisa menghentikan konsumsi kafein sama sekali.

Caranya adalah dengan membuat jurnal sepanjang hari dan mencatat konsumsi minuman kita, maka kita bisa melihat dengan jelas berapa banyak kafein yang dikonsumsi. Setelah menetapkan jumlah kafein, kita bisa menjamin bahwa kita telah mengurangi konsumsi.

Bahkan jurnal ini juga untuk membantu menjaga pola makan kita, lalu kita memasukkan konsumsi kafein kita ke dalam rutinitas harian. Melihat seberapa banyak kafein yang kita minum, benar-benar menempatkan segala sesuatunya dengan jelas.

Sebab, sebagian dari kita mungkin memang memerlukan bantuan visual, untuk benar-benar melihat berapa banyak bahan kimia yang kita masukkan ke dalam tubuh kita setiap hari. Berkat kalkulator kafein Food Insight yang bermanfaat, kita bisa melakukan beberapa kegiatan awal untuk membantu mengurangi kafein.

Dengan memasukkan jumlah minuman berkafein yang kita konsumsi dalam sehari, kita bisa melihat seberapa parah kita mengkonsumsinya dan membantu kita mengambil langkah pertama untuk mengurangi asupan harian kafein.

Dengan mencatat secara sadar berapa banyak kopi, teh, dan bahkan soda yang kita nikmati setiap hari, kita bisa melakukan bagian kita untuk membantu merawat tubuh kita dengan benar dan memompa jeda konsumsi kafein kita. Hal yang diperlukan hanyalah kertas dan pensil untuk membantu mengurangi minuman ini dalam rutinitas harian kita.

Dengan sedikit kesabaran, kemauan keras, dan jurnal, siapa pun bisa mengurangi minuman yang kadang membuat gelisah ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA