Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Buah Terbaik untuk Smoothie dan Cara Mengolahnya

Ahad 11 Apr 2021 18:33 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Smoothie seringkali dipilih untuk meningkatkan asupan buah sehari-hari.

Smoothie seringkali dipilih untuk meningkatkan asupan buah sehari-hari.

Foto: Pixabay/StockSnap
Smoothie seringkali dipilih untuk meningkatkan asupan buah sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Smoothie seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk meningkatkan asupan buah dalam keseharian. Smoothie juga merupakan salah satu menu favorit di kalangan orang-orang yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan.

Ada beragam jenis buah yang bisa diolah menjadi sajian smoothie. Bagi penggemar smoothie yang sedang menurunkan berat badan, ada satu jenis buah yang sangat direkomendasikan. Buah tersebut adalah buah jenis melon-melonan seperti semangka, blewah, dan melon madu.

Dr Joe Galati MD FACG FAASLD mengungkapkan bahwa jenis buah-buahan ini dapat memberikan manfaat baik bagi metabolisme tubuh. Buah melon-melonan, lanjut Dr Galati, juga mengandung kalium yang dapat membantu menciptakan glukogen.

"Sebuah senyawa yang diproduksi oleh hati yang dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh," punkas Dr Galati, seperti dilansir SheFinds, Ahad (11/4).

Sebuah penelitian terhadap hewan coba tikus juga menunjukkan manfaat semangka dalam penurunan berat badan. Menurut studi ini, kandungan amino acid arginine dalam semangka dapat mengurangi berat badan tikus obesitas dengan cara menurunkan massa lemak hingga 64 persen.

"Semangka dapat membantu penurunan berat badan karena (semangka) mengandung amino acid arginine," ujar Dr Galati.

Jenis buah melon-melonan juga dapat diolah menjadi smoothie nan menyegarkan dan lezat. Berikut ini adalah beberapa resep smoothie dengan jenis buah melon-melonan yang patut dicoba di rumah, seperti dilansir Food Network, Not Enough Cinnamon, dan The Spruce Eats.

Smoothie Melon Madu
Bahan:
2 cangkir melon madu potong dadu
1 cangkir yogurt vanila rendah lemak
2 sendok makan sari apel
Es batu secukupnya
Irisan melon madu secukupnya untuk garnish

Cara Pembuatan:
1. Blender melon madu yang sudah dipotong dadu, yogurt, dan sari apel. Setelah bahan-bahan tercampur rata, masukkan es batu ke dalam blender yang masih berputar. Biarkan blender terus berputar hingga muncul buih.
2. Tuangkan smoothie ke dua gelas berkuran 16 ons, hiasi smoothie dengan irisan melon. Smoothie melon madu siap disantap.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA