Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Angin Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah Lampung Selatan

Ahad 11 Apr 2021 17:21 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nora Azizah

Angin puting beliung menghantam puluhan rumah di Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Ahad (11/4) (Foto: ilustrasi)

Angin puting beliung menghantam puluhan rumah di Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Ahad (11/4) (Foto: ilustrasi)

Foto: Antara/Akbar Tado
Angin puting beliung porak porandakan rumah warga.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Angin puting beliung menghantam puluhan rumah di Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Ahad (11/4). Tidak ada korban jiwa, namun rumah warga porak poranda.

Keterangan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan, Ahad (11/4), kejadian angina puting beliung berada di Dusun Kuala Jaya, Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi. Siang itu, warga tidak menyangka tiba-tiba angin menggulung atap rumah mereka dan merusak perabotan rumah tangga.

Angin menggulung atap rumah yang berasal dari seng dan genting. Atas rumah beterbangan dan genting runtuh hancur. Sedangkan perabotan rumah tangga di dalamnya tertimpah reruntuhan atap kayu dan genting.

Baca Juga

BPBD Lampung Selatan mendata, rumah yang rusak berat sebanyak 39 unit, dan rumah rusak sedang 15 unit, dan rumah rusak ringan 18 unit. “Masih pendataan sementara,” kata Suparman, warga yang membantu petugas BPBD Lampung Selatan.

Kepada korban yang telah terdapat, BPBD Lampung Selatan akan melaporkan kepada pihak terkait untuk mendapatkan bantuan. Bantuan yang diutamakan adalah kebutuhan pangan dan juga selimut, karena korban untuk sementara belum bisa menempati rumahnya karena porak poranda.

Keterangan dari warga setempat, belum ada bantuan dari pemerintah setempat setelah kejadian hingga Ahad petang. Warga masih melakukan evakuasi terhadap perabotan rumah tangga yang rusak seperti peralatan elektronik dan perabotan rumah.

Warga berharap pemda setempat sigap membantu korban musibah angina puting beliung, karena korban tidak bisa lagi menempati rumahnya, namun diperlukan tempat pengungsian dan bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

Petugas Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan belum bisa dihubungi pada Ahad petang. Warga yang selamat dari angin puting beliung saling bergotong royong melakukan pembersihan rumah korban dan juga memberikan bantuan makanan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA