Ahad 11 Apr 2021 17:16 WIB

Pasar Otomotif AS Tumbuh 8 Persen di Kuartal I

Tahun lalu, pasar otomotif global terpukul oleh pandemi.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Aktivitas pabrik di Ford Motor Co.  ilustrasi
Foto: AP Photo/Carlos Osorio
Aktivitas pabrik di Ford Motor Co. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Tahun lalu, pasar otomotif global terpukul oleh pandemi. Bahkan, hal itu juga terjadi di Amerika Serikat (AS).

Beriringan dengan sejumlah strategi dalam menghadapi pandemi, kini pasar otomotif di AS pun mulai mengalami pertumbuhan. Dilansir dari Car and Driver pada Sabtu (10/4), peningkatan yang terjadi pun terbilang signifikan.

Baca Juga

Sepanjang kuartal pertama 2021, total penjualan mobil di AS naik sekitar 8 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Tentu, ini jadi angin segar bagi sejumlah pabrikan global.

Di AS, beberapa pabrikan yang berhasil membukukan penjualan diantaranya adalah Toyota, Honda, Hyundai, Nissan, Subaru, Ford, General Motors (GM) dan Kia. Toyota pun berhasil membukukan peningkatan yang cukup tinggi karena pada kuartal pertama ini penjualan Toyota naik hingga 22 persen.

Sementara, GM mengalami peningkatan penjualan sebesar 19 persen. Penigkatan itu sendiri ditopang oleh Cadillac yang mengalami kenaikan 23 persen dan Buick mengalami kenaikan 35 persen.

Selanjutnya, Ford mengalami peningkatan 23 persen yang tercapai berkat tingginya permintaan truck dan SUV. Sementara itu, Honda membukukan peningkantan sebesar 16 persen berkat produk CR-V dan Pilot.

Lewat peningkatan penjualan dari sejumlah brand ini, muncul keyakinan bahwa hal ini akan terus terjadi pada kuartal berikutnya. Meskipun, saat ini inddustri global tengah ditantang oleh adanya kelangkaan chip atau semikonduktor.

Diharapkan, kelangkaan ini dapat segara teratasi sehingga proses produksi kendaraan dapat mengakomodasi tingginya kebuthan mobil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement