Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Hari Kesehatan Sedunia, Cegah Diabetes Sejak Dini

Ahad 11 Apr 2021 15:45 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda

Diabetes, (ilustrasi).

Diabetes, (ilustrasi).

Perubahan iklim berdampak pada kesehatan khususnya diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah upaya dilakukan agar bisa hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Salah satunya gerakan untuk mencegah penyakit diabetes sejak dini melalui kegiatan #BeatDiabetes Online Festival 2021 .

Kegiatan ini khususnya dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2021 setiap tanggal 7 April yang digagas Tropicana Slim. ''Kegiatan #BeatDiabetes Online Festival 2021 dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mencegah dan melawan diabetes,'' ujar Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim kepada wartawan, Ahad (11/4).

Hal ini disampaikan disela-sela senam online dalam rangkaian festival tersebut. Noviana mengatakan pada tahun ini kegiatan tersebut mengangkat tema baru tentang salah satu isu yang sangat dekat dengan keseharian masyarakat, yaitu perubahan iklim dan dampaknya terhadap kesehatan, khususnya pada diabetes.

#BeatDiabetes Online Festival 2021 terdiri dari serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif secara virtual pada 6, 7, 10 dan 11 April 2021, mulai dari sesi edukasi bersama Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, edukasi bersama komunitas Sobat Diabet, Healthy DIY Cooking bersama chef tentang penyajian makanan minuman kekinian lebih sehat. Terakhir senam online serentak di 52 kota se-Indonesia.

Noviana Halim, mengatakan, perusahaannya berkomitmen untuk selalu relevan dengan isu-isu terkini yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Selain itu konsisten mengajak untuk mencegah dan melawan diabetes, salah satunya kaitan antara ‘Dampak Perubahan Iklim dan Diabetes’.

Meskipun termasuk isu yang cukup baru dan jarang dibahas di Indonesia terang Noviana, perubahan iklim memiliki dampak terhadap kesehatan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Terutama terkait meningkatnya morbiditas dan mortalitas (kematian) terutama bagi diabetesi yang sudah punya komplikasi.

Harapannya ungkap Noviana, melalui #BeatDiabetes 2021, warga dapat memperoleh informasi terkini bagaimana dampak perubahan iklim terhadap diabetes serta tips mencegah dan melawan diabetes di era perubahan iklim yang kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Lebih lanjut Noviana mengatakan, pada 6 dan 7 April 2021, Tropicana Slim mengedukasi masyarakat Indonesia melalui Facebook Live dan YouTube Tropicana Slim. Selanjutnya sesi #BeatDiabetes 2021 terdiri dari dua sesi edukasi, mulai dari sesi “Meet the Expert” bersama dr Dicky Tahapary, Ph.D., SpPD-KEMD (Staff Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes, Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI) dan Vania Santoso (Founder HeySTARTIC dan Young Climate Champion), membahas hubungan antara perubahan iklim dengan diabetes.

Selain itu juga mengadakan sesi “Learn from Sobat Diabet Community” bersama Rudy Kurniawan, Sp.PD (pendiri Komunitas Sobat Diabet), membahas tentang hubungan anak muda, perubahan iklim.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA