Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Kerap Mengundang Kontroversi, Inilah Profil Saaih Halilintar

Ahad 11 Apr 2021 11:02 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Adik dari Atta Halilintar, Saaih Halilintar bisa sukses di usianya yang masih muda.

Adik dari Atta Halilintar, Saaih Halilintar bisa sukses di usianya yang masih muda.

Adik dari Atta Halilintar, Saaih Halilintar bisa sukses di usianya yang masih muda.

Sejak kemunculannya di ranah publik, keluarga Gen Halilintar kerap menjadi sorotan. Selain serba kompak, mereka juga diketahui tajir melintir. Salah satunya ialah Muhammad Saaih Halilintar yang dikenal sebagai selebgram, influencer, dan vlogger.

Saaih mulai jadi sorotan lantaran aksi prank yang pernah dilakukannya. Ketika itu, remaja kelahiran Malaysia, 16 Maret 2002, itu mengaku jika lembaran Rp100 ribu yang disobeknya hanyalah yang mainan. 

Aksi yang sempat viral dan menimbulkan kontroversi itu membuat Saaih dikomentari negatif oleh masyarakat. Sempat kena cap “anak sombong”, konflik belakangan mereda setelah ia memberikan klarifikasi. Berikut fakta dan profil seputar Saaih Halilintar.

Baca Juga: Berpenghasilan Ratusan Juta per Bulannya, Ini dia Youtubers Paling Kaya di Indonesia

Berasal dari Keluarga Pekerja Keras

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SAAIH HALILINTAR (@saaihalilintar)

Gen Halilintar dikenal sebagai keluarga yang menjunjung etos kerja keras. Pernah mengalami pailit sempat membuat pasangan Lenggogeni Faruk dan Halilintar Anofial Asmid terpuruk.

Namun akhirnya kedua orang tua Saaih yang berprofesi sebagai pengusaha itu berhasil bangkit dan mencapai kesejahteraan ekonomi. Keluarga berdarah Minang tersebut bahkan bisa travelling ke lebih dari 100 negara bersama-sama.

Putra Keenam dari Sebelas Bersaudara

Tak hanya itu saja, kini Gen Halilintar semakin sukses dengan jumlah kekayaan yang besar, termasuk juga Saaih. Ia adalah putra keenam dari sebelas bersaudara keturunan Halilintar-Lenggogeni. 

Sedari kecil, sebelas bersaudara Halilintar telah dididik agar kreatif menghasilkan uang sendiri. Sehingga diharapkan pada akhirnya, mereka semua dapat mencapai kemandirian finansial di usia muda.

Keluarga mereka terdiri dari lima orang anak perempuan dan enam anak lelaki. Kakak pertama Saaih (Atta) juga telah sukses berkarier sebagai vlogger dan entrepreneur muda. Karena berhasil mendapat subscribers paling banyak di wilayah Asia, Atta pernah mendapat predikat King of YouTube.

Aktif di Dunia Maya

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SAAIH HALILINTAR (@saaihalilintar)

Serupa Atta dan Fateh Halilintar, Saaih juga dikenal aktif di dunia maya. Kanal YouTube Saaih Halilintar hingga kini telah mendapat 12,8 juta subscriber. Channel dengan nama @SAAIHALILINTAR tersebut kerap mengunggah berbagai konten vlog, mulai dari unboxing hingga prank.

Adapun pada platform Instagram, Saaih memiliki dua akun yakni @saaihhalilintar dan @baldyguy. Sebagai selebritas internet, akun @saaihhaliintar kini telah diikuti oleh 5.2 juta followers. Sementara @baldyguy mendapatkan 341 ribu followers.

Punya Usaha Clothing dan Fashion

Mengklaim dirinya berprofesi sebagai vlogger, aktor, film maker dan pedagang, Saaih diketahui mempunyai bisnis di dunia clothing. Dengan brand bernama VERSAAIH (Version of Saaih Halilintar), ia rajin mempromosikan sejumlah produk fashion yang dijualnya melalui akun Instagram @versaaih.

Tak hanya populer di YouTube dan Instagram. Remaja yang mempunyai komunitas fans bernama SASQUAD ini juga tampak eksis di berbagai media sosial lainnya seperti Ask.fm hingga Twitter.

Jagonya Maintaining Elektronik dan IT

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SAAIH HALILINTAR (@saaihalilintar)

Di usianya yang masih muda belia, ia sudah dipercaya untuk mengemban tugas dan tanggung jawab penting sebagai anggota keluarga Halilintar. Oleh kedua orang tuanya, Saaih yang hobi olahraga ini ditunjuk untuk menjadi IT Maintenance.

Adalah tugas Saaih untuk memperbaiki berbagai peralatan elektronik bermasalah terdapat di rumah mereka. Memiliki minat dan ketertarikan pada internet dan teknologi membuatnya menjadi cukup fasih dan andal di bidang yang satu ini.

Baca Juga: 8 Sumber Kekayaan Atta Halilintar, King of Youtube Indonesia yang Mencapai Milyaran Rupiah

Kerap Menuai Kecaman dan Kontroversi

Di sisi positifnya, Saaih telah mempunyai banyak followers dan subscribers di berbagai platform sosial pribadinya. Namun seringkali ia mendapat kecaman dan hujaman dari netizen lantaran konten dan attitude yang kerap menyinggung etika dan terbilang kelewatan.

Selain pernah dicap angkuh dan sombong saat menyobek lembaran uang Rp100 ribu, ia dinilai sebagai contoh yang tak baik bagi penonton anak-anak. Kemudian sewaktu pandemic bermula, masyarakat dibuat geram karena Saaih berbelanja dengan skala besar. 

Netizen saat itu sangat menyayangkan pihak Saaih yang melakukan panic buying di salah satu pusat perbelanjaan ibu kota. Namun belakangan, Saaih menjelaskan bahwa ia sama sekali tak bermaksud demikian. 

Baginya, pembelian dalam skala besar yang dilakukannya adalah wajar, mengingat jumlah anggota keluarga Halilintar adalah 11 bersaudara dengan kedua orang tua mereka.

Menimbulkan Berbagai Sensasi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SAAIH HALILINTAR (@saaihalilintar)

Saaih pernah kembali menimbulkan sensasi dan terus jadi sorotan media massa dan publik. Ia pernah melakukan pembelian mobil Toyota Alphard terbaru senilai Rp1 miliar. Namun yang menjadi masalah, ia melakukan transaksi dan membayar dengan pecahan koin Rp1000.

Aksi ini tak hanya berhasil menarik perhatian publik. Masyarakat menilai tindakannya tersebut tidak terpuji karena malah mempersulit orang lain. Pasalnya, dealer yang menangani transaksi tersebut dibuat kewalahan dalam menghitung recehan Rp1000 hingga mencapai Rp1 miliar.

Saaih juga pernah menjual bukunya yang dibanderol seharga Rp6 juta. Ia menjanjikan bonus video call bagi pembeli buku yang nilainya selangit tersebut. Aksinya ini lagi-lagi mengundang komentar tak sedap dari masyarakat, bahkan meskipun Saaih telah memberi klarifikasi bahwa nominal Rp6 juta tersebut adalah harga dari 60 eksemplar bukunya, bukan cuma satu. 

Jam Tangan Palsu Hingga Rebus Smartphone

Keluarga Halilintar memang dikenal kerap mengenakan barang mewah. Demikian juga dengan Saaih yang kerap memamerkan kekayaannya. 

Punya banyak koleksi jam tangan mahal, ternyata tak semua barang tersebut asli. Akun Wristbusters di Instagram sempat mengunggah bukti bahwa jam yang digunakannya bukan arloji asli dengan merek kenamaan dunia. 

Aksi Saaih yang lainnya ialah merebus smartphone ke dalam air mendidih yang mengandung MSG vetsin alias micin. Menurutnya, hal itu ia lakukan guna membuktikan ketahanan air dari ponsel yang dimilikinya. 

Masyarakat pun dibuat gempar oleh aksi tersebut. Tak jarang, berbagai komentar pedas dan kecaman banyak pihak kembali terlontarkan. Netizen menganggap aksi tersebut tak pantas untuk dilakukan karena bukan contoh yang baik bagi penontonnya.

Teladani Kebaikannya, Belajar dari Keburukannya

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by SAAIH HALILINTAR (@saaihalilintar)

Nama Saaih Halilintar juga disangkutpautkan dengan kasus kecelakaan bintang basket Kobe Bryant. Saaih ketahuan mengambil foto hasil bidikan orang lain. Ia juga menandai foto tersebut dengan watermark dirinya dan mengunggahnya ke media sosial.

Setelah panen hujatan dan komentar pedas dari banyak orang, ia lalu mencantumkan kredit foto dalam uraian caption akun Instagram miliknya. Sering menghebohkan massa, publik juga menyayangkan tindakan Saaih yang sempat merekam aksi percobaan bunuh diri seseorang kemudian menyisipkan iklan di akhir video tersebut.

Menjadi influencer di usia muda memang menantang dan tak mudah, mengingat kematangan personal belum tentu sudah cukup stabil. Tak hanya sekadar menjadi terkenal dan punya banyak followers atau fans. 

Alangkah baiknya jika public figure dapat memberikan pengaruh dan teladan yang baik dan benar, terutamanya kepada generasi muda. Dengan begitu, jadilah pengguna internet yang cerdas. 

Pintar-pintarlah menyaring konten dan panutan. Tidak semua hal viral dan terkenal berpengaruh baik, terpuji, dan patut diteladani. Sebaliknya, tiru kebaikannya dan ambil hikmah positif dari keburukannya.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Buktikan Diri Sukses Berkarir Meskipun Sempat Tuai Kontroversi dan Dibully Haters

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA