Ahad 11 Apr 2021 10:58 WIB

Pertama Kalinya, UEA Kirim Astronot Wanita

Astronot tersebut bernama Noura Al Matrooshi

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Esthi Maharani
Astronot wanita pertama dari UEA
Foto: saudi gazette
Astronot wanita pertama dari UEA

IHRAM.CO.ID, JAKARTA-- Uni Emirat Arab (UEA) mengirim dua astronot dalam program luar angkasa NASA. Salah satu dari astronot tersebut adalah seorang wanita bernama Noura Al Matrooshi.

"Kami mengumumkan astronot wanita Arab pertama, di antara dua astronot baru, yang dipilih dari lebih dari 4 ribu kandidat untuk dilatih bersama NASA untuk misi eksplorasi ruang angkasa di masa depan. Selamat Noura Al Matrooshi dan Mohammed Al Mulla," kata Perdana Menteri dan Wakil Presiden Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum dikutip dari saudi gazette, Ahad (11/4).

Saat ini Noura  telah dipilih untuk program luar angkasa UEA. Dia akan menjadi astronot wanita pertama dari UEA untuk misi luar angkasa. Noura nantinya akan ditemani oleh Mohammed Al Mulla. Lalu, mereka akan menjalani pelatihan di Johnson Space Center NASA di Houston, Texas.

Diketahui, pada 2019, Mayor Hazzaa Al-Mansoori menjadi astronot pertama UEA di luar angkasa, menghabiskan misi delapan hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional. UEA meraih kesuksesan baru-baru ini dalam program luar angkasa.

Februari ini, UEA menempatkan satelit Amal atau Harapan, di orbit sekitar Mars yang pertama untuk dunia Arab. Pada 2024, negara itu berharap bisa menempatkan pesawat luar angkasa tidak berawak di bulan. UEA juga telah menetapkan tujuan ambisius untuk membangun koloni manusia di Mars pada tahun 2117.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement