Ahad 11 Apr 2021 09:36 WIB

Enam Situs Sejarah Islam di Makkah Direnovasi

Proyek rekonstruksi dan renovasi sedang berlangsung di enam situs sejarah Islam

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Jamaah dengan jumlah terbatas melaksanakan shalat dengan menjaga jarak di Masjidil Haram, Makkah.
Foto: Saudi Press Agency/Handout via Reuters
Jamaah dengan jumlah terbatas melaksanakan shalat dengan menjaga jarak di Masjidil Haram, Makkah.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Proyek rekonstruksi dan renovasi sedang berlangsung di enam situs sejarah Islam, serta museum di Makkah. Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat-tempat Suci, menerima kunjungan lapangan dari Komite Eksekutif untuk Jalur Situs dan Museum Sejarah Islam.

Situs-situs yang dimaksud termasuk wilayah Hudaybiyyah tempat Sumpah Radwan terjadi pada tahun keenam Hijriah. Hal ini terjadi ketika Nabi Muhammad menjadi perantara perjanjian damai antara dia dan para pengikutnya, serta klan Quraisy.

Dilansir di Arab News, Ahad (11/4), mereka juga mengunjungi Bir Tuwa yaitu sumur air berusia 1.200 tahun, Jabal Thawr. Selanjutnya, mereka menuju kanal Ayn Zubaydah, situs Mina tempat Sumpah Al-Aqaba berlangsung.

Jabal Al-Nour, Gua Hira, tak ketinggalan disingghi. Salah satu proyek terpenting dari renovasi ini adalah Pusat Kebudayaan Jabal Al-Nour.

Di gunung tersebut terdapat Gua Hira. Situs ini memiliki makna yang luar biasa bagi umat Islam, karena di sanalah Nabi mendapat wahyu pertama dan menerima ayat-ayat pertama Alquran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement