Ahad 11 Apr 2021 08:53 WIB

Pakar Wasit: Insiden Braithwaite di El Clasico tidak Penalti

Bek Real Madrid Ferland Mendy menarik kaus Martin Braithwaite di kotak penalti.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pelatih Barcelona Ronald Koeman (kanan) memprotes keputusan wasit dalam laga el Clasico kontra Real Madrid.
Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Pelatih Barcelona Ronald Koeman (kanan) memprotes keputusan wasit dalam laga el Clasico kontra Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pakar wasit Spanyol Juan Andujar Oliver menilai kepemimpinan wasit Jesus Gil Manzano dalam laga El Clasico antara Real Madrid melawan Barcelona sudah cukup baik. Madrid mengalahkan Barcelona 2-1 di Stadion Alfredo Di Stefano, Ahad (11/4) dini hari WIB.

Gil Manzano menjadi perhatian karena mengambil keputusan kontroversial ketika tidak memberikan penalti kepada Barcelona. Insiden bek Real Madrid Ferland Mendy menarik kaus Martin Braithwaite di kotak 16 dianggap bukan sebuah pelanggaran. 

Baca Juga

Pemain Barcelona pun menyemut mengerubungi Gil Manzano untuk menyampaikan protes. Namun wasit bergeming dan tidak menganulir keputusannya. 

"Tindakan wasit sudah benar. Memang ada sentuhan yang dilakukan Mendy tapi itu tidak cukup untuk sebuah penalti," kata Andujar, pensiunan wasit La Liga, seperti dilansir Marca, Ahad (10/4). 

Di sisi lain, pelatih Barcelona, Ronald Koeman kesal karena wasit tak memberi penalti.

"Jika anda seorang penggemar Barcelona, tentu anda tidak akan senang karena keputusan wasit ini," kata Koeman seperti dilansir Marca, Ahad (11/4).

"Yang saya minta adalah wasit bekerja dengan baik. Itu adalah penalti yang sangat jelas. Seharusnya mungkin (skor) 2-2."

Pelatih asal Belanda itu juga memprotes peran hakim garis yang ia anggap tidak bekerja sesuai standar. Saat Braithwaite terjatuh, kata Koeman, seharusnya ada tindakan dari hakim garis. 

"Mungkin wasit tidak melihatnya, ada VAR yang bisa meninjau situasi ini. Sebaiknya saya berhenti bicara," kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement