Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Kolombia Tetap Beri Vaksin Gratis Meski Izinkan Impor Swasta

Ahad 11 Apr 2021 08:00 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

Vaksin Covid 19 (ilustrasi)

Vaksin Covid 19 (ilustrasi)

Foto: Flickr
Kolombia menarget vaksinasi 70 persen penduduk

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Kementerian Kesehatan Kolombia akan mengizinkan impor vaksin Covid-19 oleh swasta. Program vaksinasi nasional secara gratis oleh pemerintah pun akan tetap berjalan.

Negara Andes itu berencana untuk mengimunisasi sekitar 70 persen dari 50 juta penduduknya tahun ini di bawah program nasional gratis. Saat ini, Kolombia telah memberikan sekitar 2,4 juta dosis sejak Februari.

Baca Juga

Tapi, untuk warga yang memilih mendapatkan vaksin secara pribadi harus mematuhi standar pemerintah. Kementerian Kesehatan menyatakan, pihak swasta yang menangani rencana tersebut tidak boleh menggunakan fasilitas yang dibutuhkan oleh program nasional.

"Proses imunisasi yang dilakukan dengan vaksin yang diperoleh oleh orang-orang swasta harus dilakukan tanpa biaya bagi penerima aplikasi," ujar dokumen Kementerian Kesehatan.

Kolombia bukan negara yang memutuskan hal tersebut. Negara-negara lain, termasuk Pakistan dan India, telah mengizinkan pembelian vaksin Covid-19 oleh swasta.

Pemerintah telah mengeluarkan peringatan atas peningkatan jumlah kasus setelah liburan Paskah. Kolombia pun memberlakukan pembatasan berdasarkan tingkat hunian di unit perawatan intensif. Sejauh ini lebih dari 64.000 orang Kolombia telah meninggal karena virus corona. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA