Izinkan Sholat Tarawih, Wako Padang: Patuhi Prokes

Rep: Febrian/ Red: Agung Sasongko

 Ahad 11 Apr 2021 03:03 WIB

Jamaah melaksanakan ibadah shalat Ashar di dalam masjid raya Sumatera Barat, Padang, Sabtu (10/4/2021). Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tidak melarang pelaksanaan shalat tarawih dan ibadah lainnya pada bulan suci Ramadhan tahun 2021 mendatang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Foto: Antara/Muhammad Arif Pribadi Jamaah melaksanakan ibadah shalat Ashar di dalam masjid raya Sumatera Barat, Padang, Sabtu (10/4/2021). Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tidak melarang pelaksanaan shalat tarawih dan ibadah lainnya pada bulan suci Ramadhan tahun 2021 mendatang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Pemkot Padang telah mengizinkan umat Islam ibadah Ramadhan di Masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan Pemkot Padang telah mengizinkan umat Islam melaksanakan ibadah sholat tarawih, ceramah agama dan kegiatan rohani lainnya di masjid. Tidak seperti tahun lalu, di Kota Padang tidak diperbolehkan ibadah di masjid karena saat itu Sumnbar sedang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir. Untuk di bulan Ramadan kali ini, kita telah diperbolehkan melaksanakan sholat tarawih, ceramah dan kegiatan keagamaan lainnya. Tapi dengan satu syarat, harus patuhi standar protokol kesehatan," kata Hendri Septa, Sabtu (10/4).

Hendri meminta seluruh pengurus masjid di Kota Padang supaya menyempurnakan fasilitas penunjang protokol kesehatan bagi jamaah. Hendri tidak ingin warga tertular covid-19 karena kelalaian prokes di masjid.

Baca Juga

Hendri menyebut Pemko Padang memperkenankan ibadah Ramadhan tahun ini karena bulan suci selalu dinanti-nanti umat Islam. Ia berharap warga Padang yang beragama Islam agar menjalankan ibadah dengan khusuk.

"Selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat muslim di Kota Padang," ujar Hendri.

Hendri menambahkan memakmurkan masjid merupakan sebuah keharusan bagi umat Islam. Tapi kali ini, Hendri mewanti-wanti supaya tujuan baik memakmurkan masjid harus dengan ketaatan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X