Ahad 11 Apr 2021 02:01 WIB

Mushala Jabal Nur di Pesisir Selatan Diresmikan jadi Masjid

Pesisir Selatan meresmikan Masjid Jabal Nur yang sebelumnya merupakan mushala.

Rep: Febrian/ Red: Agung Sasongko
Musholah (ilustrasi)
Foto: mushola-alikhlas.blogspot.com
Musholah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meresmikan Masjid Jabal Nur yang sebelumnya merupakan mushala. Masjid tersebut terletak di Kampung Gurun Panjang, Nagari Kapuah, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Insfektorat Pessel, Rusdianto yanbg mewakili Bupati meresmikan masjid Jabal Nur berharap dengan berubahnya Mushala menjadi masjid, akan meningkatkan kualitas dan kuantitas jamaah untuk beribadah. "Saya meminta kepada Generasi muda Kampung Gurun Panjang harus banyak melakukan aktivitasnya di masjid, untuk kegiatan keagamaan,” kata Rusdianto, Sabtu (10/4).

Baca Juga

Rusdianto berharap akan lebih banyak generasi muda Pesisir Selatan yang menjadi pecinta masjid. Selama ini ada anggapan bahwa yang selalu datang ke masjid secara rutin hanya kalangan usia lanjut. "Jangan sampai warganya banyak, tapi yang beribadah ke masjid sedikit," ucap Rusdianto.

Rusdianto menyebut ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan dan dipedomani dalam pengelolaan masjid. Di antaranya membina dan memelihara masjid sesuai dengan tuntutan dan ajaran Islam, memelihara dan mempertahankan kehormatan masjid sebagai lambang kesatuan umat.

 

Ia juga meminta seluruh elemen masyarakat Gurun Panjang membina dan memelihara silaturrahim sesama jamaah masjid dan masyarakat sekitarnya. Nantinya kekerabatan masyarakat diarahkan untuk mengoptimalkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah dan syiar Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement