Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Mushala Jabal Nur di Pesisir Selatan Diresmikan jadi Masjid

Ahad 11 Apr 2021 02:01 WIB

Rep: Febrian/ Red: Agung Sasongko

Musholah (ilustrasi)

Musholah (ilustrasi)

Foto: mushola-alikhlas.blogspot.com
Pesisir Selatan meresmikan Masjid Jabal Nur yang sebelumnya merupakan mushala.

REPUBLIKA.CO.ID, PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meresmikan Masjid Jabal Nur yang sebelumnya merupakan mushala. Masjid tersebut terletak di Kampung Gurun Panjang, Nagari Kapuah, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Insfektorat Pessel, Rusdianto yanbg mewakili Bupati meresmikan masjid Jabal Nur berharap dengan berubahnya Mushala menjadi masjid, akan meningkatkan kualitas dan kuantitas jamaah untuk beribadah. "Saya meminta kepada Generasi muda Kampung Gurun Panjang harus banyak melakukan aktivitasnya di masjid, untuk kegiatan keagamaan,” kata Rusdianto, Sabtu (10/4).

Rusdianto berharap akan lebih banyak generasi muda Pesisir Selatan yang menjadi pecinta masjid. Selama ini ada anggapan bahwa yang selalu datang ke masjid secara rutin hanya kalangan usia lanjut. "Jangan sampai warganya banyak, tapi yang beribadah ke masjid sedikit," ucap Rusdianto.

Baca Juga

Rusdianto menyebut ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan dan dipedomani dalam pengelolaan masjid. Di antaranya membina dan memelihara masjid sesuai dengan tuntutan dan ajaran Islam, memelihara dan mempertahankan kehormatan masjid sebagai lambang kesatuan umat.

Ia juga meminta seluruh elemen masyarakat Gurun Panjang membina dan memelihara silaturrahim sesama jamaah masjid dan masyarakat sekitarnya. Nantinya kekerabatan masyarakat diarahkan untuk mengoptimalkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah dan syiar Islam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA