Ahad 11 Apr 2021 01:50 WIB

Mengenang Kehidupan Pangeran Philip dari 1921-2021

Pangeran Philip meninggal di Kastil Windsor, Inggris, pada Jumat (9/4) waktu setempat

Rep: Umi Nur Fadhillah/ Red: Friska Yolandha
epa09123985 (FILE) - A picture dated shows Britain
Foto: DPA/EPA-EFE/CAROLINE SEIDEL
epa09123985 (FILE) - A picture dated shows Britain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Philip, Duke of Edinburgh meninggal dunia pada usia 99 tahun. Suami Ratu Elizabeth meninggal di Kastil Windsor pada Jumat (9/4).

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor,” tulis akun Twitter Istana Buckingham, dengan mengunggah foto Pangeran Philip.

Bangsawan senior itu sebelumnya dirawat di rumah sakit King Edward VII di London pada 16 Februari atas saran dokternya. Selama hampir sebulan, Duke of Edinburgh berada di bawah perawatan medis. Ini bukan pertama kalinya Duke of Edinburgh dirawat di rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2011, dia dirawat karena penyumbatan arteri koroner, dan pada 2012, dia melewatkan perayaan Queen's Diamond Jubilee karena infeksi kandung kemih.

Dia juga menghabiskan waktu di rumah sakit pada Desember 2019. Pasangan kerajaan itu jarang terlihat di depan umum pada tahun lalu, dengan pandemi virus corona yang sedang berlangsung. Pangeran Philip, yang merayakan ulang tahunnya ke-100 pada bulan Juni mendatang itu secara resmi pensiun dari tugas publik pada 2017.

Dilansir The Independent pada Jumat (9/4), berikut kehidupan Duke of Edinburgh dari kelahirannya di Pulau Yunani hinga posisinya sebagai anggota senior rumah tangga kerajaan.

10 Juni 1921

Pangeran Philip lahir di Corfu, di meja ruang makan Villa Mon Repos. Dia adalah putra HRH Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg, keponakan Raja Constantine I dari Yunani, dan cicit dari Ratu Victoria.

5 Desember 1922

Pangeran bayi itu dibawa pergi dari Corfu dalam sebuah kotak jeruk. Keluarganya melarikan diri ke Paris, tempat mereka tinggal di pinggiran St Cloud.

1928

Pangeran Philip bersekolah di Sekolah Cheam di Surrey, tinggal bersama neneknya, Putri Victoria, di Istana Kensington dan dengan pamannya George Mountbatten di Berkshire.

1930

Pernikahan Pangeran Andrew dan Putri Alice selesai. Alice dikirim ke rumah sakit jiwa, menderita skizofrenia.

photo
epa09123938 (FILE) - A picture dated 25 May 2010 shows Britains Queen Elizabeth II (C-L) holding the hand of her husband Prince Philip, Duke of Edinburgh (C-R) as she arrives to address to the House of Lords for the State Opening of Parliament at Westminster in London, Britain (reissued 09 April 2021. According to the Buckingham Palace, Prince Philip has died aged 99. - (EPA-EFE/STRINGER )

1934

Philip mendaftar di sekolah Skotlandia, Gordonstoun. Dia bertemu dengan calon Ratu Elizabeth II untuk pertama kalinya di pernikahan salah satu sepupunya dengan Duke of Kent.

18 April 1939

Philip mulai di Royal Naval College di Dartmouth, di mana dia akan dinamai best cadet.

Juli 1939

Pada malam perang, Philip dan Putri Elizabeth bertemu lagi di Dartmouth selama kunjungan keluarga Kerajaan. Philip diminta oleh pamannya, Lord Mountbatten, untuk menjadi pendamping bagi calon Ratu, dan romansa berkembang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement