Warga Nagari Kampung Pinang Gotong Royong Bersihkan Masjid

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah

 Sabtu 10 Apr 2021 18:58 WIB

Warga Nagari Kampung Pinang Gotong Royong Bersihkan Masjid Foto: ANTARA Warga Nagari Kampung Pinang Gotong Royong Bersihkan Masjid

Gotong royong ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Masyarakat Jorong Batang Piarau, Nagari Kampung Pinang, di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatra Barat melaksanakan gotong-royong membersihkan lingkungan dan fasilitas umum seperti masjid. Gotong royong ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H.

"Aksi ini sudah dilaksanakan masyarakat beberapa hari lalu. Kemaren, pemuda selain membersihkan masjid juga bergotong royong bersihkan posko pemuda," kata Wali Jorong Batang Piarau, Deni, Sabtu (10/4).

Deni menyebut kegiatan gotong royong ini sudah rutin dilaksanakan oleh masyarakat Batang Piarau. Ia menyebut gotong royong diikuti dengan antusias oleh warga terutama kaum laki-laki. Sedangkan kaum perempuan menyediakan logistik seperti makanan dan minuman.

Baca Juga

Deni menyebut dengan membersihkan lingkungan, diharapkan dapat memberikan kenyamanan bersama dalam melaksanakan ibadah di bulan suci.

Selain itu, gotong royong juga menjadi sarana silaturrahmi masyarakat. Di mana semua kalangan masyarakat Batang Piarau membaur bekerja sama.

"Semua yang kotor dan bersemak-semak kita bersihkan secara bersama-sama," ucap Deni.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X