Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Ditjen Perkebunan Serahkan Bantuan untuk Petani DIY

Sabtu 10 Apr 2021 16:24 WIB

Red: Muhammad Hafil

Wakil Ketua Komisi IV DPR Budi Djiwandono menyerahkan bantuan Ditjen Perkebunan untuk petani di DIY, Sabtu (10/4).

Wakil Ketua Komisi IV DPR Budi Djiwandono menyerahkan bantuan Ditjen Perkebunan untuk petani di DIY, Sabtu (10/4).

Foto: Muhammad Hafil / Republika
Petani di DIY menerima bantuan dari Ditjen Perkebunan.

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL -- Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan, Sabtu (10/4), menyerahkan bantuan untuk petani di DI Yogyakarta (DIY). Penyerahan bantuan dilakukan di Taman Teknologi Pertanian Ngelanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Bantuan yang diserahkan di antaranya yaitu mesin pencacah hijauan ternak dan alat pemotong rumput, bangunan rumah kompos, benih kepala genjah sebanyak 2.000 batang. Kemudian, rawat ratoon untuk Kabupaten Sleman sebanyak 100 hektare dan Kabupaten Bantul sebanyak 100 hektare, dan fasilitasi UPH dan alat pengolahan kelapa. 

Baca Juga

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh sejumlah anggota DPR dari Komisi IV yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta kepada beberapa orang perwakilan dari kelompok tani. 

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengapresiasi pemberian bantuan itu. 

"Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih," kata Sunaryanta dalam sambutannya.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPR Budi Djiwandono mengatakan  kunjungan kerja ini adalah bagian dari Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 ke Taman Teknologi Pertanian Ngelanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. 

"Dalam kunjungan kerja ini, kami ingin mendapat gambaran pengelolaan Taman Teknologi Pertanian dalam pengembangan pertanian terutama yang bersifat spesifik ke petani," kata Budi.

Budi mengatakan, pihaknya ingin mendapatkan gambaran masalah dan langkah antisipasi dalam pengelolaan Taman Teknologi Pertanian.  Dengan informasi yang diterima, Komisi IV DPR bisa memberikan rekomendasi, masukan, kritik, kepada mitra kerja di Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian.

Selain itu, Budi juga menginformasikan bahwa Kabupaten Gunung Kidul pada tahun anggaran 2021 ini, mendapat anggaran Rp 13 miliar dari Kementerian Pertanian. Dia berharap, pemberian bantuan itu bermanfaat untuk petani di Kabupaten Gunung Kidul.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA