Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Survei IPO: 56 Persen Publik Puas Terhadap Jokowi

Sabtu 10 Apr 2021 13:00 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
IPO melakukan survei tersebut dari 1.200 responden dari berbagai wilayah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan, mayoritas masyarakat mengaku puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo selama penanganan pandemi Covid-19. Sebesar 56 persen menyatakan puas terhadap pria yang akrab disapa Jokowi itu.

"Presiden Jokowi mendapat tingkat kepuasan sebanyak 56 persen," ujar Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, dalam diskusi daring, Sabtu (10/4).

Berbanding terbalik dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ia hanya mendapatkan angka sebesar 36 persen dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Terlihat kejomplangan antara tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin," ujar Dedi.

Survei ini dilakukan dalam satu tahun pandemi Covid-19 pada Maret 2020 hingga April 2021. IPO melakukan survei tersebut dari 1.200 responden dari berbagai wilayah Indonesia.

Berkaca dari hasil survei ini, Dedi menilai, ada kerja yang kurang kolektif antara Jokowi dan Ma'ruf. Masyarakat seakan melihat keduanya bekerja sendiri-sendiri dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Sekarang orang hanya melihat Presiden Jokowi bekerja, tidak melibatkan wakil presiden. Begitu juga wakil presiden mungkin bekerja, tetapi tidak berani untuk menunjukkan ke publik," ujar Dedi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA